Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Kolektif Produk UMKM Binaan, Sarinah Bakal Ekspor ke Makkah

Kolektif Produk UMKM Binaan, Sarinah Bakal Ekspor ke Makkah

Ilustrasi (Foto : Shutterstock

Sketsanews.com, Jakarta – PT Sarinah dan pengusaha dari Saudi Arabia, yaitu Al Burhan Trading Company atau Burhan Hotels Group telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman. Hal tersebut dilakukan saat kunjungan Raja Arab Salman.

Direktur Utama PT Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan, dengan adanya kerjasama ini memungkinkan produk UKM Indonesia binaan Sarinah dijual di Arab Saudi.

Nantinya pola yang akan dilakukan adalah Sarinah akan mengkolektif produk produk dari UKM binaan kita yang kita sudah sertifikasi produknya dan akan kita ekspor ke arab saudi,” kata dia.

Dia menjelaskan, ekspor akan dimulai pada kuartal III tahun ini. Untuk jenis produk yang akan di ekspor antara lain handycraft, home decoration, furniture, garment berupa batik tetapi yang coraknya yang soft atau bernuansa timur.

“Insya Allah kita tidak hanya akan buka di mekah saja tetapi juga akan kita buka di kota lainnya seperti Madinah, jadi Mekkah saat ini akan menjadi gate utama dan percontohan kita bila sukses di mekah akan di sebarkan ke wilayah lainnya seperti Jedah,” imbuhnya.

Tak hanya produk UKM binaan Sarinah, lanjutnya, ada juga UKM binaan dari BUMN yang lain. Pihaknya juga mengkoordinasi produk-produk UKM binaan BUMN lainnya. Nantinya akan di koordinasikan dan disertifikasi dengan dibantu dari Sucofindo untuk masalah sertifikasi.

“Kerja sama ini unik, sebab mereka menyediakan tempat dan kita yang menyiapkan kontennya. tempatnya dari mereka dengan barang dari kita dan sistemnya akan bagi hasil dengan mereka,” tambah dia, seperti dikutip dari laman Okezone.

 

(Fya)

%d blogger menyukai ini: