Sketsa News
Home Berita Terkini, Citizen-Jurnalism, News Kompas: Hoaks Politik Dominan

Kompas: Hoaks Politik Dominan

Sketsanews.com – Akankah upaya Facebook memberikan edukasi kepada pengguna di Indonesia untuk melawan hoax dan meningkatkan konten positif berhasil?

Menurut hasil survey Mastel, hoax paling banyak ternyata dari isu sosial politik. Kebanyakan terkait pilkada dan pemerintah.

Saya kira kalau yang diedukasi hanya pengguna FB biasa, akan kurang kena sasaran. Mereka akan tetap dibombardir oleh berita2 propaganda dari dua sisi.

Kesimpulan yang saya ajukan dalam diskusi di DPR minggu lalu, kita sangat membutuhkan situs-situs CrossChecker di Indonesia.

Satu-satunya situs CrossCheck di Indonesia adalah www.turnbackhoax.id. Namun kalau dilihat produksi artikel crosschecknya, artikel terbaru dibuat pada 14 Februari 2017, dan sebelumnya 27 Januari 2017. Bisa dikatakan situs ini belum digarap serius untuk menjadi CrossChecker.

Sementara itu, selama pilkada ini, begitu banyak berita hoax, propaganda, false news yang tersebar. Tak ada tempat bagi masyarakat untuk meng-crosscheck kebenaran berita itu.

Hayo.. siapa yang mau bikin situs macam Snopes.com? Bisa dapat rejeki dari iklan, dan barokah karena membantu memberi penerangan kepada umat manusia 😀

 

 

 

 

 

FbIsmail Fahmi

(in)

%d blogger menyukai ini: