Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Internasional, News, Peristiwa Korut Kembali Ancam Kirim Rudal ke AS

Korut Kembali Ancam Kirim Rudal ke AS


KCNA/via REUTERS

Sketsanews.com, Korea Utara  —  Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menegaskan bahwa uji coba rudal yang melintasi langit Jepang kemarin sebuah pendahuluan sebelum Korut menyerang Guam di Amerika Serikat. Kim juga mengatakan akan lebih banyak menembakkan rudal ke arah Samudera Pasifik.

Menurut laporan saat menembakkan rudal melewati Jepang, Kim turut hadir untuk mengamati peluncuran tersebut. Dikatakan bahwa proyektil tersebut merupakan rudal jarak menengah Hwasong-12 merupakan rudal yang direncanakan ditembakkan Korut ke Guam.

Jepang berada dalam siaga setelah Korea Utara menembakkan rudal ke pulau Hokkaido yang memicu sebuah pertemuan darurat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Rudal tersebut meluncur ke arah Jepang saat Amerika Serikat dan Korea Selatan melakukan latihan militer gabungan.

Diberitakan Independent, Rabu, 30 Agustus 2017, Korut juga menegaskan tidak berniat untuk mengubah rencananya yang selama ini melakukan serentetan tes rudal yang dianggap mengancam keamanan negara-negara di kawasan Asia Timur.

Menanggapi hal itu, Presiden Amerika Donald Trump mengatakan bahwa Korut telah melakukan tindakan penghinaan dan menegaskan bahwa semua opsi telah disiapkan untuk menantang Pyongyang.

Ancaman Korea Utara terhadap Guam kembali menjadikan pulau kecil di kawasan Pasifik itu menjadi sasaran ambisi militer Korea Utara. Ancaman ini beberapa kali dilontarkan ketika AS dan Korut menyuarakan retorika perang.

[As]

%d blogger menyukai ini: