Sketsa News
Home Berita Terkini, News KPK Bakal Buka-bukaan Soal Tahapan Korupsi di Proyek E-KTP

KPK Bakal Buka-bukaan Soal Tahapan Korupsi di Proyek E-KTP

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. | Tribunnews.com/ Theresia Felisiani

Sketsanews.com, Jakarta – Persidangan perdana kasus dugaan korupsi proyek e-KTP akan digelar pada 9 Maret 2017 nanti di Pengadilan Tipikor, Jakarta.

Dalam persidangan itu, pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku‎ bakal membongkar skema korupsi yang merugikan negara sebesar Rp2,3 Triliun.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan selama dua tahun penyidikan berjalan, penyidik menemukan rentetan korupsi dalam proyek tersebut.

Pertama, KPK menemukan indikasi pertemuan sejumlah pihak yang membicarakan proyek tersebut. Dimana pembahasannya seputar anggaran proyek sebelum diajukan ke DPR RI.

“Tahapan selanjutnya adalah tahapan pembahasan anggaran yang melibatkan anggota DPR RI dan unsur pemerintah. Di dua tahapan awal ini, kami menemukan indikasi yang disebut dengan praktik ijon proyek,” ungkap Febri, Selasa (7/3/2017) di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Berlanjut pada tahap pengadaan, KPK menemukan ada penyimpangan mulai dari penentuan harga hingga pada indikasi kerugian negara sekitar Rp2,3 triliun.

“Seluruhnya akan kami uraikan nanti pada dakwaan. Termasuk adanya aliran dana ke sejumlah pihak. Soal ini kami masih  mendalami kepada siapa saja uang tersebut mengalir,” tambahnya sebagaimana dikutip dari Tribunnews.

Untuk diketahui, kasus e-KTP terus ramai diperbincangkan setelah Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan bakal membuka nama-nama besar yang diduga ikut terlibat dalam kasus itu.

Bahkan Agus berharap dalam pengungkapan nama-nama besar tersebut tidak sampai mengakibatkan adanya goncangan politik.

Terlebih di kasus ini, KPK telah memeriksa ratusan saksi. Mereka berasal dari pemerintah, swasta dan pihak legislatif.

Kini ada dua tersangka yang telah ditetapkan dan segera disidang, mereka adalah bekas Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman dan Sugiharto, mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri.

(Tri)

%d blogger menyukai ini: