Sketsa News
Home Berita Terkini, News KPU Tunjuk Hasyim Asyari Ganti Husni Kamil Sebagai Komisioner

KPU Tunjuk Hasyim Asyari Ganti Husni Kamil Sebagai Komisioner

Sketsanews.com– Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan untuk menunjuk Hasyim Asyari sebagai komisioner menggantikan almarhum Husni Kamil Manik.

b42f4557-41b8-455b-afab-aeee1d2fac52_169

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, Hasyim Asyari dipilih karena berada pada nomor urut delapan dalam fit and proper test calon pimpinan KPU tahun 2012 di Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat.

“Kan dari 2012 ada rankingnya semua dan itu sudah disampaikan presiden kepada DPR. Yang tujuh waktu dilantik itu kan Pak Husni dan kami. Nah sekarang yang berhak ya nomor delapan,” kata Hadar usai menggelar rapat pleno di Kantor KPU, Jakarta, Senin (11/7).

Untuk itu, KPU akan segera mengirimkan surat penunjukan Hasyim ke Presiden Joko Widodo.

“Kami akan menulis surat dalam minggu ini,” ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya memberikan 14 nama kepada Komisi II DPR untuk dipilih dan diseleksi menjadi tujuh orang Komisioner KPU.

Pada Maret 2012, Komisi II menentukan tujuh komisioner KPU periode 2012-2017 dengan perolehan suara Sigit Pamungkas (45), Ida Budiati (45), Arief Budiman (43), Husni Kamil Manik (39), Ferry Kurnia (35), Hadar Nafis Gumay (35), dan Juri Ardiantoro (34).

Tujuh kandidat lainnya yang tersisih saat itu ialah Hasyim Asyari (32), Ari Darmastuti (31), Enny Urbaningsih (23), Muhammad Najib (3), Zainal Abidin (1), Mohammad Adhy Syahputra Aman (1), dan Evie Aridne Shinta Dewi (0).

Sementara itu, menurut Hadar, posisi Ketua KPU nantinya akan diisi salah satu komisioner berdasarkan hasil rembukan para pimpinan.

Besok, KPU Tentukan Plt Ketua Pengganti Husni

KPU akan menentukan pelaksana tugas (plt) untuk menggantikan Ketua KPU Husni Kamil Manik yang baru saja meninggal dunia pada Kamis (7/7). Menurut Hadar, plt ketua KPU akan ditentukan dalam rapat pleno pada Selasa (12/7).

“Untuk sementara ini kami memutuskan menunjuk plt. Siapa yang akan menjadi plt dalam minggu ini atau semasa sampai ada ketua KPU yang definitif itu akan dilakukan besok pagi,” kata Hadar.

Dia menuturkan, masa jabatan plt pengganti Husni berlaku sampai komisioner KPU kembali melakukan rapat pleno untuk menentukan ketua definitif.

Menurutnya, penundaan penentuan ketua KPU disebabkan karena beberapa hal yang harus dikerjakan oleh para komisioner.

“Kami menundanya dahulu sampai kami rencanakan minggu depan. Tidak perlu terburu-buru, saya kira lebih nyaman, apalagi kami masih dalam suasana duka saat ini,” ucapnya.

Hadar mengatakan, anggota komisioner yang terpilih menjadi plt akan mampu bekerja dengan baik sebab masing-masing komisioner pernah penjadi pelaksana harian (plh) menggantikan Husni saat berhalangan.

“Kalau Pak Husni ada tugas meninggalkan kantor lebih dari 24 jam kami menentukan plh. Saya dan teman-teman menggantikan Pak Husni, dan itu sudah bergantian selama ini. Jadi saya kira tidak ada masalah,” ucapnya. (Jk/ CNNindonesia).

%d blogger menyukai ini: