Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Internasional, News Krisis Bantuan Hantui Ratusan Pengungsi Rohingya di Kamp Penampungan

Krisis Bantuan Hantui Ratusan Pengungsi Rohingya di Kamp Penampungan

pengungsi Rohingya di Bangladesh (Foto: REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)

Sketsanews.com, Sittwe – Sekitar 120.000 orang terlantar, kebanyakan Muslim Rohingya, di kamp-kamp di negara bagian Rakhine, Myanmar, tidak menerima persediaan makanan atau perawatan kesehatan. Hal ini terjadi setelah PBB dan kelompok-kelompok bantuan menghentikan operasi menyusul tuduhan pemerintah Myanmar mendukung pemberontak.

Sekitar 90 ribu etnis Rohingya tinggal di kamp-kamp penampungan di Sittwe sebagai dampak pecahnya kekerasan komunal di Rakhine pada tahun 2012 lalu. Sementara 30 ribu etnis Rohingya lainnya di tempatkan di kamp-kamp lain di negara bagian tersebut.

“Sebagai akibat dari gangguan aktivitas di negara bagian Rakhine, banyak orang saat ini tidak menerima bantuan makanan secara normal dan layanan kesehatan primer mereka telah terganggu parah,” kata juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), Pierre Peron, seperti dilansir dari Reuters, dan SINDOnews, Sabtu (2/9/2017).

Peron mengungkapkan bahwa gangguan itu sudah dirasakan.

“Bantuan kemanusiaan biasanya ditujukan kepada orang-orang yang rentan ini karena alasan yang sangat bagus, karena mereka bergantung padanya,” katanya.

Selain penutupan klinik kamp, (Ro)

%d blogger menyukai ini: