Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Peristiwa Libur Panjang Idul Adha, Polisi Pantau Sejumlah Rest Area di Jalan Tol

Libur Panjang Idul Adha, Polisi Pantau Sejumlah Rest Area di Jalan Tol

kemacetan puncak bogor. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Sketsanews.com, Jakarta —  Memasuki libur panjang jelang hari raya Idul Adha 1438 Hijriah yang jatuh pada 1 September, volume kendaraan di jalur tol diprediksi akan meningkat sekitar 20 persen. Tapi, angka itu justru lebih rendah dibanding dengan liburan hari raya Idul Fitri 2017 lalu, yang mencapai sekitar 40 persen.

Meski hanya meningkat 20 persen, aparat kepolisian tetap melakukan sejumlah antisipasi arus mudik jelang hari raya Idul Adha. Salah satu antisipasi yang dilakukan yaitu kemacetan dan kepadatan kendaraan di rest area jalur tol yang menjadi tempat peristirahatan masyarakat atau pemudik.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, jajarannya akan tetap melakukan penjagaan, pengamanan dan pengaturan di sejumlah rest area yang menjadi tempat peristirahatan pemudik yang diprediksi akan mengalami kenaikan saat libur Idul Adha.

“Antisipasi Idul Adha kami prediksikan tidak sampai seperti Idul Fitri. Tapi tetap perlu ada pengaturan kalau tidak bisa membludak juga. Kalau tanpa sistem flownya seperti sembarang parkir, sembarang berhenti itu flownya terganggu dan bahaya. Tetap harus dijaga dan ditungguin,” kata Royke, Selasa (29/8).

Selain itu, untuk mengantisipasi adanya kenaikan pemudik yang ingin melakukan peristirahatan di rest area. Pihaknya berencana akan membuat sejumlah rest area fungsional, agar para pemudik bisa beristirahat sejenak.

Royke pun menjelaskan, rest area fungsional itu adalah menggunakan sejumlah lahan yang digunakan sebagai rest area. Hal itu sama halnya dengan tol darurat Kaligangsa-Gringsing yang dipakai mudik tahun ini.

“Suatu lahan yang difungsikan sebagai rest area. Itu namanya rest area fungsional,” pungkasnya. Dikutip dari laman Merdeka.

Untuk mengurai kemacetan di jalur tol, pihaknya sudah menyiapkan beberapa skenario. Di antaranya seperti melakukan buka tutup jalan, contra flow dan juga oneway traffic.

[As]

%d blogger menyukai ini: