Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Longsor di Karangtengah Rusak Dua Rumah dan Tutup Akses Jalan di Enam Lokasi

Longsor di Karangtengah Rusak Dua Rumah dan Tutup Akses Jalan di Enam Lokasi

Foto: suaramerdeka.com / Bambang Purnomo

 

Sketsanews.com, Wonogiri – Bencana tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri. Tidak ada korban jiwa, tapi merusak dua rumah hunian penduduk, dan menutup badan jalan di enam lokasi, serta merusak jembatan dusun.

Camat Karangtengah, Sunarto, Selasa (4/4), menyatakan, dua rumah penduduk yang terkena bencana longsor, berada di Dusun Karanganyar, Desa dan Kecamatan Karangtengah (sekitar 70 kilometer arah tenggara ibukota Kabupaten Wonogiri). Dua rumah itu, milik Suranto (38) dan Bejan (50). Semuanya warga di RT 01/RW 06 Dusun Karanganyar.

Dinding tembok kedua rumah tersebut jebol dan menjadikan kondisi rumah rusak parah, dihantam oleh material longsoran tanah bercampur batu, yang melorot dari sisi tebing di sebelahnya. Penghuni rumah sendiri selamat. “Kerugian materi terkait dengan kerusakan dua rumah itu ditaksir mencapai sekitar Rp 130 juta,” tegas Camat Sunarto, seperti dikutip dari Suara Merdeka.

Camat Karangtengah, Sunarto, menambahkan, selain merusak dua rumah, longsor tersebut juga menutup akses jalan antardusun dan antardesa, serta merusak sebuah jembatan di Dusun Sumur. Dampaknya, akses hubungan darat dari Ibukota Kecamatan Karangtengah, menuju ke Desa Purwoharjo dan sekitarnya menjadi terputus.

Untuk meringankan beban korban bencana longsor yang rumahnya rusak, dan guna menyingkirkan material longsoran yang menimbuni badan jalan di enam lokasi, dikerahkan warga masyarakat bersama pamong desa, untuk melakukan gotong royong kerja bakti.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyerukan, agar warga masyarakat meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman bencana tanah longsor. Ini terkait dengan masih turunnya hujan dengan intensitas sedang dan deras belakangan yang mengguyur Wonogiri.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: