Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Hukum, News Lowongan 17 Ribu CPNS Keduluan Hoax

Lowongan 17 Ribu CPNS Keduluan Hoax

Penyebaran informasi tentang lowongan CPNS yang begitu masif. (WhatsApp)

Sketsanews.com, Jakarta –  ”Mas, iki bener ta? Bapak suruh saya daftar. Katanya dapat info dari grup di RW.’’ Begitu pertanyaan yang diajukan Irwan kepada kakaknya. Irwan ternyata baru saja mendapat informasi mengenai pendaftaran PNS di sejumlah kementerian.

Bukan hanya Irwan, sepanjang Selasa (5/9) sejumlah pengguna WhatsApp memang menerima pesan serupa. Kebanyakan tersebar dari grup-grup terbatas. Informasi itu sangat menarik karena lowongan yang dibuka mencapai 17.400 orang. Mulai lulusan SMA/SMK sampai S-2 (magister).

Bunyi lengkap informasi lowongan itu seperti ini: Mulai siang ini, 5 Sep 2017, pukul 12.00 WIB, dibuka pendaftaran PNS secara serentak untuk seluruh kementerian. Dibutuhkan 17.400 dari tingkat pendidikan SMK/SMA sampai pd S2. Silahkan buka pengumuman di www.kemenpanrb.go.id atau di //sscn.bkn.go.id. Terima kasih.

Secara resmi, pendaftaran CPNS sebenarnya dilakukan melalui website sscn.bkn.go.id. Namun, hingga Selasa malam, di website milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu tidak ada lowongan pendaftaran CPNS baru. Sebelumnya memang ada dua lowongan CPNS, yakni di Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung. Tapi, pendaftarannya sudah ditutup akhir Agustus lalu.

Lowongan 17.400 CPNS juga punya kejanggalan lain. Misalnya, website Kementerian PAN-RB. Alamat situs resmi kementerian yang dipimpin Asman Abnur itu adalah www.menpan.go.id, bukan www.kemenpanrb.go.id. Dari situ saja, bisa dipastikan informasi tersebut abal-abal.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman langsung mengklarifikasi kabar yang beredar di masyarakat itu. Dia mengatakan, memang benar telah dibuka informasi lowongan CPNS untuk 60 instansi pusat dan Provinsi Kalimantan Utara. Total kuotanya mencapai 17.928 kursi.

”Informasi yang beredar kan pendaftaran mulai 5 September 2017 pukul 12.00. Itu tidak benar,” jelas dia.

Menurut Herman, euforia masyarakat menyambut dibukanya lowongan CPNS 2017 begitu luar biasa. Sehingga, saat ada kabar dibuka pendaftaran pada 5 September, langsung terjadi kehebohan.

Dia mengingatkan, kehebohan itu harus diikuti sumber informasi yang benar. Rencananya, Kementerian PAN-RB baru mengunggah informasi lowongan CPNS baru tahap kedua pada 5 September 2017 pukul 23.00. Sedangkan pendafatarannya bakal dilaksanakan 11 September nanti. ”Masyarakat yang ingin mendaftar sebaiknya mulai menyiapkan diri,” jelasnya. Seperti dikutip dari Jawapos.

Dalam pendafataran CPNS tahap satu lalu, jumlah pelamarnya mencapai satu juta lebih. Padahal hanya dibuka untuk Kemenkum HAM dan MA saja. Sementara di pendaftaran CPNS gelombang kedua kali ini, Kemenkeu mendapatkan alokasi terbanyak mencapai 2.880 kursi. Kemudian disusul BPN sebanyak 1.610 kursi. Lalu ada Kemenristekdikti dengan kuota 1.500 kursi. Selanjutnya Kementerian PUPR, Kejaksaan, Kemenkes, dan Kemenag masing-masing dapat jatah seribu kursi CPNS baru.

FAKTA
Pemerintah memang membuka lowongan 17 ribu lebih CPNS, tapi baru akan dilakukan pada 11 September, bukan 5 September.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: