Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News Makanan Manis Penyebab Gigi Berlubang

Makanan Manis Penyebab Gigi Berlubang

Ajarkan anak sikat gigi setelah konsumsi makanan manis (Foto: Kidspot)

Sketsanews.com, Jakarta – Orangtua sering mengeluh anaknya suka mengonsumsi makanan manis, seperti cokelat atau permen. Karena, hal tersebut dapat menyebabkan gigi anak berlubang. Lalu, apa yang harus dilakukan orangtua untuk mencegah karies pada anak?

Karies Gigi terjadi akibat suatu proses yang secara bertahap melarutkan email atau permukaan gigi luar dan terus berkembang ke bagian dalam gigi. Jika tidak diobati, karies akan terus tumbuh, sehingga akhirnya menyebabkan gigi harus dicabut.

Dijelaskan oleh drg Felicia Melati Sp.KGA, karies gigi memang bisa disebabkan oleh konsumsi gula atau makanan mengandung gula. Menurutnya, gula merupakan sumber makanan bakteri penyebab karies.

“Bakteri tersebut menghasilkan asam yang diubah dari konsumsi gula hingga akhirnya menyebabkan karies gigi,” tuturnya di Thamnak Thai Resto, Menteng Central, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2017).

Meski begitu, drg Felicia berpendapat, bukan berarti orangtua harus membatasi konsumsi gula dari makanan manis seperti cokelat atau permen pada anak-anak. Hanya, orangtua perlu mengedukasi anak untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi.

“Masalahnya setelah mengonsumsi makanan manis, tidak dibersihkan, akhirnya sisa-sisanya menempel di gigi. Orangtua harus mengedukasi dan mengajarkan anak untuk menyikat atau membersihkan gigi setelah mengonsumsi makanan manis untuk mencegah karies,” jelasnya, seperti dikutip dari okezone.com

“Selain itu, orangtua juga harus mengajak anak rutin periksa gigi setiap 6 bulan sekali atau setahun 2 kali,” imbuhnya.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: