Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Peristiwa Mayoritas Warga Sumbar Baru Sembelih Kurban Sabtu Besok

Mayoritas Warga Sumbar Baru Sembelih Kurban Sabtu Besok

Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban Meningkat

Sketsanews.com, Sumatra Barat – Penyembelihan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1438 Hijriah di Sumatera Barat sebagian besar akan dilaksanakan pada Sabtu 2 September 2017. Penyembelihan kurban akan dilaksanakan sejak pagi esok hari termasuk sapi kurban jenis Simental dengan bobot 1 ton yang merupakan sumbangan dari Presiden Joko Widodo.

Disampaikan Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumatera Barat, Ali Asmar, sebagian besar proses penyembelihan hewan kurban pada perayaan Idul Adha tahun 2017 memang akan dilangsungkan pada Sabtu, 2 September 2017.

Berdasarkan keterangan Ali Asmar, hewan kurban yang ada di 19 kabupaten dan kota di Sumbar tercatat sebanyak 40.419 ekor. Angka ini naik jika dibandingkan dengan jumlah hewan kurban pada tahun lalu yang hanya berjumlah 40.388 ekor.
Sebagaimana dihimpun Viva, “Untuk tahun ini terdiri dari 452 ekor kerbau, 35.258 ekor sapi dan 4.709 kambing,” kata Ali Asmar di Padang, Sumbar, 1 September 2017.
Panitia Peringatan Hari Besar Islam juga mengimbau dan menyarankan kepada seluruh pengelola masjid dan mushala yang menyelenggarakan kurban agar dapat menyalurkan daging kurban ke daerah yang minim hewan kurban seperti ke Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat dan Solok Selatan.
“Atas nama panitia hari besar Islam, kami mengimbau masjid dan mushala sekiranya daging hewan kurban yang banyak dapat diserahkan ke daerah yang kurang mampu terutama di nagari yang butuh hewan kurban,” ujarnya.

(Ro)
%d blogger menyukai ini: