Sketsa News
Home Berita Terkini, Foto, Headlines, News Pasar Cilamaya Karawang, Jawa Barat Terbakar buntut Keributan Pemuda dan Tukang Parkir?

Pasar Cilamaya Karawang, Jawa Barat Terbakar buntut Keributan Pemuda dan Tukang Parkir?

Sketsanews.com – Kebakaran Pasar Cilamaya Karawang, Jawa barat diwartakan oleh akun twitter Radio Elshinta, @RadioElshinta pada pukul 03.15 Wib, 6 Juli 2016.

Informasi yang dihimpun oleh Liputan6 di lokasi kejadian, kebakaran terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Kobaran api langsung membesar dan menjalar ke seluruh bangunan pasar serta meluluhlantakkan tempat berjualan para pedagang di pasar itu.

“Kalau sumber api awalnya dari bagian belakang, api langsung membesar dan melahap seluruh bangunan pasar hingga ke bagian depan,” kata salah seorang warga pasar, Yanto, di lokasi kejadian.

Warga sempat berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya, tapi sulit dipadamkan. Petugas pemadam kebakaran yang datang sekitar pukul 03.45 WIB awalnya mengerahkan tiga mobil pemadam kebakaran tidak bisa berbuat banyak mengatasi si jago merah.

Jumlah mobil pemadam kebakaran ditambah hingga tujuh unit agar mampu mengatasi api. Hingga pukul 09.00 WIB, api mulai berhasil ditanggulangi meski asap hitam masih membubung ke udara.

Pasar tradisional Cilamaya merupakan salah satu pasar terbesar di utara Karawang, Jawa Barat. Dagangan utama pasar ini adalah pakaian dan sembako. Dengan bahan yang mudah terbakar itu, kebakaran di Pasar Cilamaya tidak mudah dikendalikan.

Yanto mengatakan jumlah ruko dan kios yang terbakar masih belum dipastikan, tapi kerugian masing-masing pedagang diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

“Kalau penyebabnya belum pasti, tapi besar kemungkinan akibat hubungan arus pendek listrik,” ujar Yanto.

Usaha pemadaman terus dilakukan sedangkan sebagian warga pasar berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka untuk dievakuasi ke tempat aman, seperti jalan raya. Saat kejadian, sebagian besar kios dan toko yang terbakar sedang ditinggal mudik para pemiliknya.

“Kalau kerugian pasti sangat besar, bisa miliaran rupiah,” kata Yanto.

KebakaranPasar Cilamaya buntut dari keributan antara dua kelompok pemuda yang mengelola parkir ?

Imron, salah seorang pedagang pakaian mengaku pasrah atas kejadian tersebut. Dia menyatakan semua barang dagangan berikut tokonya habis tak tersisa. “Saya tak bisa berbuat banyak. Tak ada sepotong barangpun yang dapat diselamatkan,” ujarnya di lokasi kejadian, kepada PikiranRakyat.

Sementara itu, warga pasar lainnya menduga Pasar Cilamaya sengaja ada yang membakar. Soalnya, pada Selasa, 6 Juli 2016, di pasar itu terjadi keributan antara dua kelompok pemuda yang mengelola parkir.

Kemungkinan salah satu kelompok ada yang masih dendam sehingga melampiaskannya dengan membakar pasar,” ujar salah seorang Linmas setempat.

Menurutnya, keributan terjadi antara pemuda Dusun Bojong SS dengan pemuda Dusun Pasardua. Mereka bahkan sempat terlibat kontak fisik dan adu bacok.

“Keributan tadi sore sebenarnya sempat dilerai,” ujarnya.***

Foto – foto Kebakaran Pasar Cilamaya Karawang, Jawa barat diunggah oleh akun  twitter @Husna_Mubarok.

Video sekilas Kebakaran Cilamaya – Karawang diunggah oleh akun  Ahmad Jajuli @jajuli72.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui penyebab dan besarnya kerugian yang diakibatkan oleh musibah kebakaran ini.

Berita akan diupdate.

(in)

%d blogger menyukai ini: