Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Video NIK Warga Gresik Ini Digunakan 1 Juta Pengguna Seluler

NIK Warga Gresik Ini Digunakan 1 Juta Pengguna Seluler

 

Sketsanews.com, Gresik – Bukti bahwa dokomen identitas kependuduk Indonesia tidak aman, bener bener terjadi. Salah satu kasus dialami oleh Wawan Sidarta, warga Sumput, Driyorejo, Gresik ini. Sebab NIK atau Nomer Induk Kependudukan digunakan 1 juta nomer Simcard seluler.

Akibat ulah pihak yang tidak bertanggungjawab ini, Wawan cemas dan was was. Alumnus FISIP Universitas Jember yang tinggal di Perumahan Sumput Asri, Kecamatan Driyorejo, Gresik ini, berkali-kali didatangi pihak berhajib. Gara gara NIK yang tercantum di kartu keluarganya, digunakan oleh banyak orang. Tidak tanggung tanggung, berdasarkan data di Keminfokom, ada 1,6 juta kartu Simcard, seluler menggunakan data miliknya.

Wawan baru menyadari kalau nomer kependudukannya, disalah gunakan banyak orang, untuk regestrasi kartu seluler dari sebuah sumber. Padahal seumur hidupnya, Wawan Sidarta hanya memiliki 2 HP, dan tidak pernah mengunakan data , NIK miliknya untuk kartu orang lain atapun sejenisnya.

Seperti dikutip dari Pojokpitu, “Dengan kejadian ini, saya merasa tidak nyaman dan tidak tenang, katena kawatir data saya digunakan orang orang untuk melakukan tindakan penipuan maupun penghasutan,” kata Wawan.

Wawan yang sehari hari membuka usaha jualan tabung LPG dan air isi ulang meminta pemerintah segera turun tangan dan polisi mengusut pelaku pembobolan nomer identitas kependudukanya. (Ro)

%d blogger menyukai ini: