Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News Pantat Sering Terasa Gatal? Bisa Jadi Karena Hal Ini

Pantat Sering Terasa Gatal? Bisa Jadi Karena Hal Ini

Ilustrasi

Sketsanews.com, Jakarta – Kadangkala kita merasa gatal pada pantat kita. Tak hanya membuat tidak nyaman, gatal pada pantat ini bisa membuat kita bingung, apalagi saat berada di tempat umum. Pakar kesehatan sendiri menyebut kondisi gatal yang ada di sekitar dubur ini sebagai pruritas ani dan bisa disebabkan oleh berbagai hal berikut ini. Seperti di kutip dari laman DokterSehat.com.

Membersihkan pantat dengan memakai tisu
Pakar kesehatan dermatologi bernama Sarina Elmariah, M.D Ph.D yang berasal dari dari Massachusetts General Hospital menyebutkan bahwa kebiasaan membersihkan pantat dengan tisu, bukannya dengan air, ternyata bisa membuat pantat terasa gatal. Jika anda tidak terbiasa membersihkannya dengan air, gantilah dengan tisu yang cenderung lebih lembut.

Salah memakai tisu toilet
Banyak orang yang sengaja memakai tisu basah untuk membersihkan area kewanitaan atau pantat, khususnya setelah memakai toilet umum. Sayangnya, penggunaan tisu basah ini bisa membuat pantat teriritasi dan akhirnya memicu gatal-gatal. Pakar kesehatan Gary Goldenberg, M.D, yang berasal dari Icahn School of Medicine di New York menyebutkan bahwa penggunaan tisu basah bisa menyebabkan alergi.

Hobi makan pedas
Tak disangka, hobi makan pedas bisa membuat pantat kita mudah terasa gatal. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi kopi juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Menggunakan celana dalam dengan tidak benar
Jika kita salah dalam memilih bahan celana dalam, maka pantat kita bisa lebih mudah mengalami gatal-gatal. Pakar kesehatan sendiri lebih menyarankan penggunaan celana dengan bahan katun yang bisa menyerap keringat serta mencegah kelembaban berlebihan pada area pantat. Selain itu, penggunaan sabun yang tidak tepat juga bisa menyebabkan pantat gatal.

Wasir
Wasir yang membengkak bisa memicu gejala gatal-gatal pada pantat sehingga sebaiknya segera disembuhkan.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: