Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Peristiwa Parah,5 Kecamatan di lamtim diduga Tempat prostitusi anak di bawah umur

Parah,5 Kecamatan di lamtim diduga Tempat prostitusi anak di bawah umur

Sketsanews.com, Lampung timur– Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lampung Timur mengungkapkan ada lima kecamatan yang diduga sebagai tempat dan transaksi prostitusi anak di bawah umur.

Divisi Pendampingan dan Advokasi P2TP2A Lamtim Dian Ansori menyebutkan, lima kecamatan dimaksud adalah Sekampungudik, Bandarsribhawono, Matarambaru, Wayjepara, dan Labuhanratu. Data ini berdasarkan hasil investigasi, wawancara dan informasi yang diperoleh pihaknya di lapangan beberapa waktu lalu meski sulit dibuktikan secara hukum. Untuk semester tahun ini saja, lembaganya yang berada dibawah naungan Pemkab Lamtim ini telah menangani 27 kasus dengan lima kasus di antaranya sudah diputus oleh Pengadilan Negeri Sukadana.

“Yang paling parah di Kecamatan Wayjepara. Penyebabnya tingkat perekonomian, fasilitas dan penginapan yang cukup baik. Korbannya anak SMA kelas 1 dan 2. Bahkan parahnya lagi di kecamatan ini sudah memiliki jaringan prostitusi,” kata dia saat dihubungi Saibumi.com, Kamis 17 Agustus 2017.

Dian Ansori membeberkan, permasalahan anak di bawah umur bisa menjadi korban prostitusi karena prasejahtera dan broken home.

“Rata-rata anak- jadi PSK itu karena broken home,” ujarnya.

Kendala yang dihadapi pemerintah daerah adalah belum ada lembaga atau dinas melaporkan secara khusus kepada bupati. Sehingga bupati tidak tahu persis persoalannya.

“Namun pemkab hanya sebatas berpusat bagaimana merealisasikan program ramah anak dan membangun tempat taman anak,” ungkapnya.

Memang, kata dia, program raman anak mendapat dukungan dari masyarakat desa tetapi belum dibangun fisik taman anak.

“Minimal program ini merambat sampai seluruh kecamatan,” harapnya.seperti yang dikutip dari Saibumi.com

(Tb)

 

%d blogger menyukai ini: