Sketsa News
Home Berita, Internasional, News Pasukan Rezim Assad Yang Didukung Rusia Bantai 400 Warga

Pasukan Rezim Assad Yang Didukung Rusia Bantai 400 Warga

Syria (Reuters)

Sketsanews.com, Idlib – Setidaknya 400 warga sipil terbunuh dalam dua bulan terakhir setelah pasukan rezim Bashar al Assad meningkatkan intensitas serangan ke Distrik Ghouta Timur dan Provinsi Idlib.

Ghouta Timur merupakan bagian dari zona de-eskalasi di pinggiran Kota Damaskus. Wilayah tersebut jadi sasaran serangan intensif rezim Assad sejak 14 November tahun lalu.

Meski berada dalam wilayah gencatan senjata, daerah Duma, Haresta, Hammuria, Marj, Arbin, Saqba, Misraba, Madyara, Zamalka, Cisrin, Ain Tarma dan Beit Sawa di Ghouta Timur dihantam serangan bombardir parah. Ini menurut reporter Anadolu Agency di wilayah tersebut.

Menurut sumber Pertahanan Sipil (White Helmets), sedikitnya 303 warga sipil, termasuk lima pasukan pertahanan sipil tewas dan lebih dari 1.400 lainnya luka-luka di distrik tersebut sejak 14 November tahun lalu.

Seperti dilansir Anadolu Agency, dan Jawapos, Jumat, (12/1), Sebanyak 161 orang dari mereka terbunuh dalam dua pekan terakhir setelah Rusia kembali memberikan dukungan serangan udara kepada pasukan rezim.

Sejak akhir 2012, distrik tersebut masih berada di bawah kepungan rezim Assad. Distrik itu juga termasuk dalam zona de-eskalasi yang didukung oleh Turki, Rusia, dan Iran. Padahal agresi itu dilarang keras.

Provinsi Idlib di utara Suriah juga termasuk dalam zona de-eskalasi yang ditetapkan oleh Rusia, Turki, dan Iran dalam perundingan Astana pada Mei 2017 dengan tujuan untuk mengakhiri kekerasan dan memperbaiki situasi kemanusiaan.

Serangan pasukan rezim yang didukung Rusia membunuh setidaknya 95 warga sipil dan melukai lebih dari 200 lainnya di utara provinsi Idlib dalam tiga pekan terakhir. Ini menurut sumber White Helmets.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: