Sketsa News
Home Berita Terkini, News Pembahasan RUU Terorisme Dipercepat

Pembahasan RUU Terorisme Dipercepat

solo2

Sketsanews.com – Ledakan bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta menjadi momentum penting untuk mempercepat penyelesaian Rancangan Undang-undang tentang Terorisme. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Ade Komaruddin berharap Undang-undang ini dapat dibahas secara matang.

“Harus segera dilaksanakan dan tentu pasal-pasalnya harus betul-betul bukan hanya bisa melakukan tindakan langsung di tempat tetapi tindakan pencegahan baik secara kultural, intelektual, ideologi tidak terjadi lagi tindakan praktik terorisme,” kata Ade di Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (6/7).

Sementara itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengatakan, peristiwa ledakan bom bunuh diri itu menyadarkan masyarakat terhadap ancaman terorisme. Ledakan di Jalan Thamrin sebelumnya telah membuat pemerintah mengusulkan revisi terhadap UU tentang Terorisme.

“Kita perluas definisinya perbuatan persiapan juga sudah bisa dilakukan penindakan,” kata dia di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/7).

Pemerintah merasa, percepatan penyelesaian RUU ini cukup penting. Pemerintah pun telah memajukan RUU ini dan menjadikannya sebagai program legislasi nasional (prolegnas). Rapat kerja pun akan dilakukan dalam waktu dekat.

Setelah rapat kerja, DPR akan mengadakan rapat dengar pendapat dengan menghadirkan sejumlah ahli dan mendengar penjelasan dari berbagai pemerintah daerah. Pemerintah mengusulkan sepakat memperluas kewenangan beberapa lembaga terkait waktu penyidikan dan penahanan.

“Tapi nanti dululah, kita tunggu dulu daftar inventarisasi masalah (DIM) dari fraksi-fraksi, baru kita duduk bersama dengan betul. Saya berharap masa sidang akan datang kita sudah bisa duduk bersama DPR untuk membahas revisi tersebut,” kata dia.

(ab/media indonesia)

%d blogger menyukai ini: