Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Pemkab Bantul Sajikan Data Komplit Seputar Pertanahan Demi Dorong Laju Pertumbuhan Ekonomi

Pemkab Bantul Sajikan Data Komplit Seputar Pertanahan Demi Dorong Laju Pertumbuhan Ekonomi

Pemkab Bantul sajikan data lengkap pertanahan. foto: Sorot.co

Sketsanews.com, Bantul – Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Bantul menandatangani nota kesepakatan bersama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Bantul. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar pertanahan mulai dari lokasi, status, tata ruang hingga Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) tanah di Bantul.

Kasi Data dan Informasi DPTR Bantul, Asrofiah, menjelaskan, seluruh data seputar pertanahan di Bantul akan unggah ke dalam website resmi DPRT. Kerjasama ini menjadi titik awal atau embrio pusat layanan informasi pertanahan yang kedepannya akan diintegrasikan dengan peta tata ruang wilayah Kabupaten Bantul.

“Ini dalam rangka rangka kami meningkatkan kinerja pelayanan terhadap masyarakat sehingga tercipta sinergitas antara data dan informasi. Kita manfaatkan kemajuan teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Dengan demikian, laju pembangunan dan laju ekonomi di Kabupaten Bantul terus meningkat,” jelas Asrofiah, dihubungi Minggu (16/7/2017)

Dikatakan lebih lanjut, selama ini website yang dimiliki oleh DPRT Bantul baru berisi tentang kewilayahan dan pemanfaatan ruang, sedangkan data dan informasi tanah masih berada di Kantor Pertanahan. Inovasi pengembangan sistem informasi pertanahan ini juga selaras dengan program Pemkab Bantul yaitu Bantul Smart City.

“Dengan adanya pengembangan sistem informasi pertanahan ini nanti masyarakat dapat mudah, cepat, murah dan akurat dalam memperoleh informasi. Sehingga nantinya mencari data tinggal klik, semua komplit. Misalnya ada investor butuh data tanah di suatu wilayah, pemanfaatan hingga NJOP akan tertera semua. Masyarakat umum juga akan kita arahkan kesana,” paparnya.

Sementara itu, langkah ini merupakan terobosan baru bagi DPRT Bantul sebagai salah satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) anyar di Pemkab Bantul. Penandatanganan nota kesepakatan ini sendiri dilakukan oleh kepala DPRT Bantul, Isa Budi Hartomo dan Kepala Kantor Pertanahan Bantul, Yohanes Supama, seperti dkutip dari laman Sorot.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: