Sketsa News
Home Berita Terkini, News Peneliti: Sidang Perlihatkan Kasus e-KTP Sistematis

Peneliti: Sidang Perlihatkan Kasus e-KTP Sistematis

Sketsanews.com, JAKARTA – Peneliti Formappi Lucius Karus menilai kasus e-KTP begitu sistematis. Hal itu terlihat dari dakwaan yang dibacakan jaksa di ruang sidang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Dikatakan sistematis karena sangat jelas terlihat bagaimana konspirasi dibuat melalui rapat-rapat yang terencana,” kata Lucius melalui keterangan tertulis, Jumat (10/3/2017).

Lucius mengatakan pemufakatan jahat sudah ada bahkan sebelum proses pembahasan normal anggaran yang dilakukan oleh komisi dan Badan Anggaran.

Selain sistematis, kasus korupsi e-KTP juga nampak masif. Ia menduga orang-orang yang terlibat sangat mungkin lebih banyak dari yang kini beredar.

“Juga tak hanya anggota DPR, tetapi banyak pihak lain seperti eksekutif yang ikut menerima dana haram e-KTP tersebut,” kata Lucius.

Lucius menilai dana yang diselewengkan mencapai Rp2,3 triliun sangat mungkin untuk dibagi-bagi ke banyak orang dengan jumlah yang tetap saja fantastis.

Lucius juga menduga penikmat aliran dana juga tak hanya terbatas pada orang per orang saja.

Dugaan keikutsertaan elite partai dalam pemufakatan awal membuka peluang keterlibatan institusi seperti partai politik di dalam kasus ini.

“Tentu saja praktik sebagaimana tergambar di dalam persidangan tadi bahwa pembagian jatah sudah dibicarakan sejak awal bahkan sebelum APBN disetujui,” kata Lucius.

Lucius menilai fakta-fakta tersebut membuat KPK tidak mempunyai alasan untuk kehilangan keberanian dalam mengusut tuntas pihak-pihak yang terlibat.

“Orang-orang yang diduga terlibat nampaknya memanfaatkan kewenangan luar biasa pada DPR untuk semua mereka menentukan berapa yang bisa ditilep dari anggaran yang juga sebebasnya bisa ditentukan oleh DPR,” kata Lucius. Dikutip dari Tribunnews.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: