Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hukum, News Penghina Istri Presiden Jokowi Resmi Ditetapkan sebagai Tersangka Ujaran Kebencian

Penghina Istri Presiden Jokowi Resmi Ditetapkan sebagai Tersangka Ujaran Kebencian

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto (Foto: Okezone)

Sketsanews.com, Jakarta  — Polisi resmi menetapkan DI (20), pelaku penghinaan terhadap Iriana Joko Widodo (Jokowi), istri Presiden Indonesia Jokowi di media sosial (medsos) Instagram sebagai tersangka ujaran kebencian.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto menekankan, DI dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Saat ini, polisi juga telah melakukan penahanan terhadap tersangka.

“Ditahan di Polrestabes Bandung, dan akan dikenakan UU ITE,” ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan,  dikutip dari laman Okezone Selasa (12/9/2017).

Setyo memastikan, bahwa DI yang merupakan seorang mahasiswa itu adalah pemilik akun Instagram @warga_biasa, yang menuliskan kalimat-kalimat tak pantas ke Ibu Negara.

Kendati begitu, Setyo mengungkapkan penyidik masih mendalami motif DI yang menghina Istri dari orang nomor satu di Indonesia itu.

“Motif masih didalami,” ucapnya.

DI sendiri ditangkap pada Senin 11 September 2017 di rumah orangtuanya yang berada di Jalan Jepang, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

Dalam penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, berupa dua handphone, satu bendera HTI dan satu buah gantungan kunci HTI.

Sebelumnya, dalam pengungkapan kasus tersebut, aparat melakukan penyelidikan pada Jumat, 8 September 2017. Awalnya, polisi mengamankan seseorang berinisial DW. Dia merupakan saksi yang diketahui keberadaan DI.

Kemudian, pada Sabtu 9 September 2017 lalu, jajaran Polrestabes Bandung langsung berangkat ke Palembang untuk menangkap DI.

[As]

%d blogger menyukai ini: