Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Hukum, News Penyebaran Faham Radikalisme, Berkembang Dari Solo Sampai Keseluruh Jawa Tengah

Penyebaran Faham Radikalisme, Berkembang Dari Solo Sampai Keseluruh Jawa Tengah

ilustrasi

Sketsanews.com, Semarang – Ketua Terorisme (FKPT) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng, Najahan Musyafak berharap kesepakatan yang dilakukan antara Polda, NU, dan Muhammadiyah segera diwujudkan dengan aksinyata.

Ditemui di Patra Jasa Hotel, Rabu (6/12/2017), ia menjelaskan upaya pencegahan paham radikalisme dan terorisme tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja.

“Harus bersama-sama, hari ini Polda, NU dan Muhammadiyah sudah melakukan Mou dan ini harus ditindaklanjuti secara nyata.”

“Karena gerakan radikalisme itu semakin nyata makanya tindakan juga harus nyata kalau tidak kita akan ketinggalan satu step satu step,” beber dosen UIN Walisongo tersebut.

Ia menjelaskan, gerakan radikalisme dan terorisme terus berlangsung belum berhenti.

Menurutnya, di Jateng paham-paham tersebut masih berkembang di beberapa daerah.

“Sekarang bukan hanya di Solo Raya, namun di daerah lain seperti Kendal, Batang, Pekalongan sampai Pantura Barat itu berkembang paham-paham ini, kita hanya tidak mengekspose saja,” jelas Najahan.

Oleh karena itu, menurutnya upaya preventif untuk melawan pemahaman-pemahaman itu dengan sosialisasi memang sangat perlu.

Menurutnya semakin tebal keimanan, semakin sering masyarakat disadarkan maka semakin kuat imunitas dari paham radikal.

“Hari ini Polda, NU, dan Muhammadiyah dua organisasi massa terbesar sudah melakukannya, harapan saya instansi lain juga misalnya kementerian pendidikan atau keagamaan,” jelasnya.

Keterlibatan pihak lain itu menurutnya perlu untuk meluruskan kajian-kajian agama yang akhir-akhir ini sering dilakukan mahasiswa, atau golongan-golongan tertentu.

“Jadi nanti jika ada kajian ideologis agama bisa dilihat tempatnya, jika di kampus atau lembaga pendidikan maka kementerian pendidikan yang masuk ke sana, jika di masjid ya kemenag, begitu jadi semua terpantau,” pungkasnya. Dikutip dari Tribun.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: