Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Peristiwa Petani Tebu di Malang Gelar Unjuk Rasa

Petani Tebu di Malang Gelar Unjuk Rasa

Salah satu truk petani tebu di Kebonagung kabupaten Malang (foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Petani tebu menggelar aksi unjuk rasa d depan pabrik gula Kebonagung, Pakisaji, Kabupaten Malang, Kamis (24/8). Para petani ini memarkirkan kendaraannya di sepanjang jalan diarea pabrik gula.

Petani yang tergabung dalam Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Kabupaten Malang menempelkan banner di seluruh bak truk lengkap dengan muatan tebunya.

Pantauan Sketsanews di lokasi, DPD APTRI Kabupaten Malang Dwi Irianto, mengatakan, aksi protes ini merupakan langkah awal akan adanya demo besar-besaran di ibukota pada 28 Agustus 2017 mendatang. Para petani menuntut adanya kejelasan pencabutan PPN 10 persen.

Selain itu petani juga menuntut untuk pemberlakuan harga eceran gula sebesar Rp.14.000-Rp.15.000.

Seharusnya gula impor yang sudah beredar dipasaran itu ditarik kembali oleh pemerintah, dengan tujuan agar gula lokal bisa dinikmati oleh masyarakat.

Saat ini, produksi gula nasional sudah mencapai 2,4 juta ton. Sedangkan kebutuhan gula nasional hanya 2,8 juta ton. “Jadi hanya kurang sedikit, namun gula impor yang didatangkan kedalam negeri justru melebihi. Hal ini mengakibatkan gula lokal tidak laku,” tegasnya kepada awak media.
(Im)

%d blogger menyukai ini: