Sketsa News
Home Berita Terkini, Hukum, News Polda Lampung Usut Pembuatan Buku KIR

Polda Lampung Usut Pembuatan Buku KIR

Barang bukti yang disita dari tempat diduga pembuatan buku KIR

Sketsanews.com, Lampung – Petugas Subdit III Reserse Kriminal Umum Polda Lampung tenga mengusut pembuatan buku uji berkala kendaraan bermotor atau KIR di Lampung Tengah.

“Petugas telah medatangi rumah diduga digunakan sebagai tempat pembuatan buku KIR dan mengamankan satu orang berinisial AM untuk dimintai keterangan,”kata Direskrimum Polda Lampung, Kombes Pol. Heri Sumarji Jumat (25/8) waktu sore hari.

Hasil pemeriksaan sementara, lebih lanjut kata Heri Sumarji, AM tugasnya yang menandatangani buku KIR, jadi memang dia yang berwenang. “Oleh sebab, itu AM hanya dimitai keterangan sebagai saksi, karena belum cukup bukti. Sebagai saksi, AM tidak ditahan hanya wajib lapor saja,”ujarnya.

Mengenai tindakan yang dilakukan petugas, tambah Heri Sumarji, awalnya petugas mendapat informasi bahwa yang bersangkutan diduga membuat buku KIR untuk di luar daerah. “Jika membuat buku KIR di dalam daerah itu wewenangnya, tetapi jika yang bersangkutan membuat buku KIR untuk di luar daerah itu yang salah, itu yang masih kita usut,”ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, petugas datang ke lokasi guna melakukan penyelidikan dengan cara memesan pembuatan buku KIR atas nama Erwan Indra Putra kepada yang bersangkutan (AM).

Setelah ada kesepakatan harga dan perjanjian penyelesaian pembuatan buku KIR keesokannya harinya petugas mengamankan AM berikut alat pembuat atau pencetak nomor peneng. Dikutip dari Poskota.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: