Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Polisi Malaysia Klaim Tangkap Pemimpin Abu Sayyaf

Polisi Malaysia Klaim Tangkap Pemimpin Abu Sayyaf

Kelompok Militan Abu Sayyaf. Wajah dilingkari diduga adalah pemimpin kelompok ini yang bernama Kaddafi Janjalani. (lazamboangatimes.com)

Sketsanews.com, Kuala Lumpur – Polisi Malaysia menangkap seorang tersangka pemimpin dan tujuh anggota dari kelompok teroris Filipina Abu Sayyaf di Kuala Lumpur, Minggu (3/9). Polisi telah menahan Hajar Abdul Mubin, yang juga dikenal sebagai Abu Asrie, dalam penyerbuan hari Rabu lalu.

Hajar, yang merupakan warga Filipina, ditangkap bersama sau warga Filipina lain dan enam warga Malaysia dari negara bagian Sabah. Penangkapan itu pertama kali dilaporkan oleh surat kabar bahasa Inggris Malaysia, The Star.

Abu Sayyaf terkenal dengan aksi pengeboman, pemenggalan kepala, pemerasan, dan penculikan untuk meminta tebusan.

Seperti dikutip dari Beritasatu, penangkapan itu merupakan bentrokan terbaru dalam tindakan keras yang dilakukan Malaysia. Lebih dari 250 orang telah ditangkap dalam kurun 2013-2016 karena diduga terkait Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Pemerintah di Asia Tenggara harus khawatir atas kemungkinan perluasan ISIS di kawasannya. Militan Abu Sayyaf yang terafiliasi kepada ISIS telah merebut sebagian Marawi sejak Mei lalu. Sekitar 620 militan, 136 tentara dan polisi, serta 45 warga sipil telah tewas dalam lebih dari 100 hari pertempuran di negara bagian sebelah selatan Filipina tersebut. (Wis)

%d blogger menyukai ini: