Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, News Polres Jaktim Kerahkan 278 Personel Amankan Perayaan Idul Adha

Polres Jaktim Kerahkan 278 Personel Amankan Perayaan Idul Adha

Foto: Dok. Polres Jakarta Timur

Sketsanews.com, Jakarta – Polres Metro Jakarta Timur melakukan apel pengamanan jelang perayaan Idul Adha 1345 H. Titik-titik pengamanan dipusatkan di wilayah perbatasan, tempat umum dan sejumlah masjid.

“Kita fokuskan ke wilayah perbatasan seperti dengan Depok dan Bekasi serta tempat wisata. Anggota juga kita tempatkan beberapa masjid saat pembagian daging kurban,” ujar Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Andry Wibowo dalam keterangannya kepada detikcom, Kamis (31/8/2017).

Apel pengamanan tersebut dilakukan di area parkir utara Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur. Sebanyak 278 personel gabungan dan tim khusus Satgas Gerak Cepat Rajawali dikerahkan untuk mengamankan perayaan Idul Adha. Pengamanan tersebut dimulai sejak malam takbir hingga selesai pembagian daging kurban.

“Tim khusus itu akan berpatroli selama malam takbir untuk upaya antisipasi tawuran. Lalu karena tidak mungkin setiap objek dan kegiatan dijaga polisi kita berdayakan semua komponen seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para lurah untuk bertanggung jawab menjaga lingkungan masing-masing,” kata dia.

Sementara itu, Andry menyebut dalam perayaan Idul Adha tahun ini, keadaan yang memungkinkan bisa menimbulkan konflik, yakni pada saat pembagian daging kurban yang tidak tertib. Untuk itu, dia menekankan kepada seluruh personel untuk tetap siaga hingga seluruh rangkaian Idul Adha selesai.

“Jangan besok gara-gara daging satu kilo atau uang yang tidak seberapa dapat menimbulkan konflik dan kerawanan. Banyak contoh kasus dalam perayaan keagamaan dan ritual yang menyertainya masyarakat karena berdesak-desakan dan tidak antre terjadi konflik bahkan korban jiwa,” tegasnya.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: