Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Presiden Berikan 1.190 KIP kepada Siswa di DIY

Presiden Berikan 1.190 KIP kepada Siswa di DIY

ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Sketsanews.com, Sleman — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan 1.190 Kartu Indonesia Pintar kepada siswa SD, SMP, SMA/SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta yang acaranya dipusatkan di halaman sekolah SMK Negeri 1 Tempel, Sleman, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo juga menyerahkan bantuan 20 unit laptop dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi siswa yatim piatu dan kurang mampu.

Acara tersebut juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Bupati Sleman Sri Purnomo.

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan untuk SD sebesar Rp400.000, SMP Rp750.000, SMA Rp1.000.000, yang dapat diambil di Bank BNI dan BRI pada Juni saat masuk sekolah.

“Uang ini boleh buat beli seragam, sepatu, buku, dan peralatan sekolah. Tapi jangan buat beli pulsa ya, kalau ketahuan dicabut nanti kartunya,” kata Presiden Joko Widodo sambil bercanda dan disambut tawa siswa dan tamu yang hadir.

Joko Widodo juga mengimbau para siswa yang hadir untuk lebih menggiatkan belajarnya dan meneruskan hingga jenjang yang lebih tinggi. Tidak lupa acara bagi-bagi sepeda seperti di daerah lain juga dilakukan Presiden Joko Widodo dalam acara tersebut.

Beberapa siswa antusias maju menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Presiden, mulai dari soal hitungan, Pancasila, jumlah provinsi di Indonesia, hingga nama-nama suku di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani menargetkan penerima KIP 2017 yang awalnya 16,4 juta anak akan ditambah menjadi 17,9 juta anak di seluruh Indonesia.

Sebagaimana dilansir Media Indonesia, anak yatim piatu seluruh Indonesia tercacat 896 ribu, sedangkan yang sudah terdistribusi sampai saat ini yaitu 158 ribu anak. Sehingga tahun 2017 ada tambahan KIP untuk 736 ribu anak yatim piatu dan panti asuhan seluruh Indonesia.

(Ad)

%d blogger menyukai ini: