Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News Proyek LRT Dipastikan Terima Uang Negara

Proyek LRT Dipastikan Terima Uang Negara

Sketsanews.com, Jakarta – Pemerintah kejar target pembangunan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit. Untuk merealisasikan pembangunan LRT, pemerintah harus mencari skema pendanaan yang tepat dan tidak hanya bisa mengandalkan APBN.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, keuangan negara siap mendukung percepatan pembangunan LRT. Salah satu opsi yang ditawarkan adalah menambah modal bagi konsorsium kontraktor yang mengerjakan proyek LRT.

“Opsi akan dibuka melalui apakah dari sisi konsorsium bisa didukung melalui jaminan pemerintah tambahan injeksi modal lagi kepada konsorsium Adhi Karya sehingga mereka bisa melakukan penyelesaiannya,” kata dia di Kemenko Maritim, Selasa (7/2/2017).

Nantinya, tambahan modal tersebut diberikan salam bentuk penjaminan pemerintah untuk pengembalian dana investasi. Yang paling penting, lanjut Sri Mulyani, pihaknya berupaya agar proyek LRT selesai sesuai target yang ditetapkan.

“Nanti dalam bentuk PSO yaitu penjaminan pemerintah untuk pengembalian dari dana investasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani menegaskan, pembangunan LRT tidak hanya mengandalkan dana APBN. Dia menyebut, pembangunan LRT juga akan menggunakan dana investasi.

“Itu nanti dikombinasi investasi dan dukungan APBN, pake dua-duanya itu kombinasi investasi dan dukungan APBN,” tukasnya.

Sekadar menambahkan, berdasarkan Perpres 55 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit di Provinsi Sumatera Selatan dan Perpres 65 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Perpes Nomor 98 Tahun 2015 Tentang Percepatan Penyelenggara Kereta Api Ringan/Light Rail Transit Terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi bahwa pembiayaan proyek LRT masih bersumber dari APBN.
(Ro)

Sumber. Okezone

%d blogger menyukai ini: