Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News PT Telkom Indonesia Percepat Peluncuran Satelit Telkom 4

PT Telkom Indonesia Percepat Peluncuran Satelit Telkom 4

ilustrasi satelit Telkom. foto:manteb.com

Sketsanews.com, Jakarta – PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menjadwalkan peluncuran Satelit Telkom 4 sebagai pengganti Satelit Telkom 1 di slot orbit 108 BT pada Agustus 2018.

Namun, berhubung Satelit Telkom 1 harus pensiun dini, Telkom bergerak cepat meluncurkan penggantinya.

Menurut Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, tidak menutup kemungkinan Satelit Telkom 4 diluncurkan lebih cepat dari yang sudah dijadwalkan.

“Bulan depan saya akan ke pabrik satelit tersebut. Kalau sesuai kontrak, peluncuran Satelit Telkom 4 dijadwalkan pada Agustus 2018. Nanti saya bicara dengan pabrikannya dan juga peluncuran untuk bisa mempercepat,” jelas Alex di Gedung Graha Merah Putih, Kantor Pusat Telkom, Jakarta (Rabu, 6/9).

Dia mengatakan, Satelit Telkom 4 memiliki jangkauan lebih luas dibanding pendahulunya. Satelit Telkom 4 juga memiliki kapasitas sangat besar sampai 60 transponder, sementara Satelit Telkom 1 hanya 36 transponder.

“Ini jangkauannya bisa sampai ke India,” beber Alex, sebagaimana dikutip dari laman Rmol.

Ditambahkan Alex, sambil menunggu peluncuran Satelit Telkom 4, pihaknya saat ini fokus pada upaya pemulihan layanan Satelit Telkom 1 yang ditargetkan rampung pada 10 September. Upaya yang dilakukan diantaranya melakukan migrasi data pelanggan Satelit Telkom 1 ke Satelit Telkom 2, Telkom 3S, dan dua satelit asing yakni Apstar milik Hongkong serta Chinasat dari Tiongkok.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: