Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Awas, Hampir 1 Miliar Android Rentan Kena ‘QuadRooter’!

Awas, Hampir 1 Miliar Android Rentan Kena ‘QuadRooter’!

Sketsanews.com – Para peneliti di perusahaan keamanan Check Point telah mengungkapkan hasil temuan mereka terbaru terkait kerentanan dan cacat baru yang mereka katakan mempengaruhi smartphone berbasis OS Android yang didukung oleh chipset Qualcomm.

Kerentanan yang dijuluki QuadRooter, cacat ini pada dasarnya adalah satu set dari empat kerentanan yang akan mempengaruhi lebih dari 900 juta unit smartphone dan tablet yang menjalankan sistem operasi mobile besutan Google tersebut, termasuk smartphone andalan Samsung yakni Galaxy S7 terbaru, dan smartphone Android terbaru yang diklaim BlackBerry paling aman di dunia yakni BlackBerry DTEK50.

Dilansir dari GSM Arena, jika dieksploitasi, lubang keamanan dapat memberikan penyerangan menyeluruh ke perangkat, dengan melakukan kontrol penuh ke smartphone atau tablet yang terkena dampak, termasuk akses ke informasi pribadi atau data sensitif atau dokumen perusahaan yang tersimpan di perangkat. Untuk melaksanakan pengambilalihan ini, semua kebutuhan penyerang adalah hanya bermodal “mengelabui” pengguna untuk menginstal aplikasi berbahaya yang tidak akan memerlukan izin khusus.

Terkait hal ini, Check Point telah melaporkan ke pihak Qualcomm tentang kerentanan yang ditemukan di driver perangkat lunak Qualcomm . Produsen pembuat chip processor tersebut mengatakan bahwa semua bug yang terjadi dan patch diserahkan kepada pelanggan mereka yakni OEM atau vendor smartphone.

Sementara itu, Check Point telah menghubungi Google untuk memperbaiki beberapa kerentanan tersebut, dan akhirnya Google telah membuat update keamanan terbaru untuk perangkat berbasis OS Android yang diluncurkan sebagai update keamanan bulanan yang dirilis oleh Google. Dan kabarnya salah satu update keamanan yang sangat penting terkait kerentanan ini akan dirilis oleh Google dalam update bulan September.

Dengan melihat temuan yang menyebutkan bahwa hampir 1 miliar unit perangkat berbasis OS Android memiliki kerentanan, tentu ini sangat mengerikan. Lalu bagaimana jika kita ingin mengecek perangkat kita adalah salah satu yang terkena dampak kerentanan ini?

Check Point telah merilis sebuah aplikasi cerdas bernama “QuadRooter Scanner”. Aplikasi gratis ini berguna untuk mengetahui dan memindai perangkat Anda apakah terkena dampak kerentanan atau tidak. Dan nantinya akan mengkonfirmasi ke Anda melalui notifikasi tertentu.

Aplikasi QuadRooter Scanner kini telah tersedia di Google Play. (Nariswari/AB/TabloidPulsa)

 

(in)

%d blogger menyukai ini: