Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Tekno-Sains Raksasa Elektronik Korea Terlibat Pembuatan Mobil Masa Depan

Raksasa Elektronik Korea Terlibat Pembuatan Mobil Masa Depan

Pengemudi mengendarai mobilnya menggunakan aplikasi HD Live Map. Foto/Ist

Sketsanews.com, Seoul – LG menjalin kerja sama dengan HERE, sebuah perusahaan navigasi, merancang teknologi untuk mobil masa depan. Namun bukan membuat unit sendiri, melainkan membantu mengembangkan teknologi mobil terkini.

Kerja sama tersebut dianggap strategis karena masing-masing mempunyai keahliannya masing-masing. LG adalah ahlinya teknologi komunikasi, sedangkan aplikasi HERE merupakan andalan dalam navigasi berkendara.

LG diketahui memimpin pasar telematika sejak 2013. Perusahaan Korsel ini menyediakan akses ke teknologi komunikasi, seperti GPS, Bluetooth, dan WiFi. LG juga merupakan salah satu pendukung utama untuk 5G yang sebagian besar baru saja diratifikasi.

SINDOnews/Document

Sedangkan HERE sejak diakuisisi oleh konsorsium yang terdiri dari Audi, BMW, dan Daimler, telah mengarahkan kemampuannya dalam merancang aplikasi automotif. Produk terbarunya adalah HD Live Map, layanan peta berbasis awan yang bisa terintegrasi dengan sistem bantuan pengedara dan solusi self-driving ketimbang mengembangkan keseluruhan sistem kendaraan otonom dengan sendirinya.

Karena berbasis awan, maka HD Live Map secara alami bergantung pada teknologi komunikasi jaringan. Nah di situlah teknologi LG masuk memainkan perannya.

Cara kerjanya, sebuah mobil mengumpulkan data dari kamera, radar, cakram, dan sensor lainnya. Lalu teknologi komunikasi jaringan LG akan mengirimkan data tersebut ke sistem HD Live Map di HERE.

Dan pada akhirnya akan menggabungkan data dari kendaraan terdekat lainnya melalui teknologi V2X (vehicle-to-everything) guna memberikan informasi berkendara akurat dan disesuaikan ke setiap kendaraan. Namun belum ada keterangan kapan produk hasil kerja sama mereka akan diungkap ke pasaran. Dikutip dari Sindonews.

(Eni)