Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News Rayu Investor, Menteri Darmin dan Jonan Berangkat ke Iran

Rayu Investor, Menteri Darmin dan Jonan Berangkat ke Iran

Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Sketsanews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution beserta Menteri ESDM Ignasius Jonan rencananya akan melakukan kunjungan ke Iran. Keduanya dijadwalkan akan bertolak pada akhir bulan nanti.

Adapun tujuan kunjungan kedua Menteri tersebut adalah untuk dorong Iran agar menjalin kerjasama Indonesia dalam sektor migas. Pokok kerjasama yang akan diajukan meliputi suplai minyak mentah dan pembangunan kilang minyak.

“Kita akan mengundang mereka untuk invest di sini, juga supply crude-nya juga, terus investasi bangun kilang,” jelas Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja di Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Menurut Wirat, Iran dan Indonesia berpotensi jalin kerjasama yang bersifat mutualisme atau saling menguntungkan. Iran membutuhkan pasar untuk tampung produksi minyaknya, di sisi lain Indonesia perlu persediaan minyak jangka panjang.

“Potensinya bagus, mereka produksinya kan besar ya, mereka juga butuh pasar. Kita juga perlu supply crude jangka panjang yang relatif lebih mudah,” terangnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah bertolak ke Iran pada Desember 2016. Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Iran Hassan Rouhani juga bicarakan tentang kerjasama di bidang migas.

Selain itu keduanya juga lakukan penandatanganan sejumlah perjanjian kerjasama, yaitu Nota Kesepahaman di bidang mutual legal assistance, Nota Kesepahaman di bidang ekstradisi, dan Nota Kesepahaman di bidang listrik dan energi terbarukan.
(Ro)

Sumber. Okezone

%d blogger menyukai ini: