Sketsa News
Home Berita Terkini, News Realisasi E-Budgeting Serentak Tahun 2017

Realisasi E-Budgeting Serentak Tahun 2017

Sketsanews.com – Pemerintah menargetkan realisasi e-budgeting akan serentak dilakukan pada 2017. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan dengan program e-budgeting akan menghemat anggaran hingga triliunan rupiah.

asman

“Terbukti dengan penerapan e-budgeting di Kota Bandung bisa menghemat Rp1 triliun dengan menghapus 1200 kegiatan. Selain itu, Pemprov DIY telah berhasil mengurangi jumlah kegiatan dari 3.200 kegiatan pada 2014 menjadi hanya 854 kegiatan,” ujar Asman disela-sela acara temu reuni Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unand di Kryiad Bumiminang Hotel Padang, Rabu, (14/9).

Dijelaskan Asman, penerapan program e-budgeting tergabung dalam program mendorong penerapan e-government. Hal itu sesuai dengan instruksi dari Presiden Jokowi pemerintah pusat hingga daerah bisa menerapkan program tersebut.

“Kami mendorong Pemda nantinya bisa menerapkan e-budgeting sebagai wujud menerapkan Smart City juga,” tukasnya.

Asman berharap bahwa e-budgeting bisa mempermudah dalam pelaksanaan tugas aparatur sipil negara (ASN) dan meningkatkan transparansi. Selain itu dengan program e-budgeting ASN tidak terlalu disibukan dengan pekerjaan dokumentatif. “Mereka (ASN) bisa fokus pada pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya, e-budgeting dan e-government merupakan upaya pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang berkualitas dan transparan.

“Dengan sistem e-budgeting masyarakat dapat mengakses langsung penggunaan anggaran dan rancangan anggaran yang dibuat oleh legislatif dan eksekutif. Transparansi sistem e-Budgeting akan memperkecil upaya korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam pelaksanaan program pembangunan dan kebijakan publik,” katanya.

Pemprov Dki Jakarta, DIY, Riau dan Jawa Timur telah lebih dulu menerapkan program tersebut. Sementara Beberapa Pemda kabupaten dan kota yang telah menerapkan sistem ini adalahPemkot Surabaya, Pemkot Malang, Pemkab Banyuwangi, dan Pemkab Tulungagung dan Kota Bandung.

%d blogger menyukai ini: