Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Peristiwa Reklamasi Teluk Jakarta Jelas Kepentingan Cina

Reklamasi Teluk Jakarta Jelas Kepentingan Cina

Ilustrasi

Sketsanews.com, Jakarta  —  Politisi senior Amien Rais mengkritik keras terkait kebijakan melanjutkan kembali reklamasi Teluk Jakarta. Sebelumnya Menteri coordinator bidang  Maritim Luhut Binsar Panjaitan telah mencabut moratorium reklamasi teluk Jakarta. Ini artinya, proyek bermasalah reklamasi akan dilanjutkan.

Dewan kehormatan PAN ini melanjutkan, reklamasi Teluk Jakarta merupakan upaya pemerintah dalam menfasilitasi kepentingan asing dan aseng. “Saya orang awam, tapi saya tahu bahwa reklamasi Teluk Jakarta itu sepenuhnya untuk kepentingan orang luar Indonesia terutama untuk aseng dan asing,” kecam Amien di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta Selatan,  hari ini Selasa (10/10).

Sedangkan manfaat reklamasi itu, nilai Amien, bukan untuk orang seperti dirinya. Pasalnya dia tidak mungkin akan membeli pertokoan, apartemen, perhotelan di Teluk Jakarta itu. “Lagi lagi itu untuk siapa? Jelas bukan untuk kepentingan nasional,” tegasnya.

Mantan Ketua MPR ini mengatakan, reklamasi merupakan subordiner dari kepentingan China. Jadi, tafsir Amien, Cina itu punya strategi yaitu obor, ‘one belt one root’.  “One belt itu jalan darat sutra dari Beijing terus ke barat melalui 14 provinsi China, Uzbekiztan, Kirkjistan, Kazakhstan sampai ke Turki kemudian ke Rotherdam,” paparnya.

Kemudian, sambungnya, kalau one root yaitu jalan sutra lautan dari Beijing laut timur China, laut selatan China, Selat Malaka, Selat Sunda, samudra Hindia ke Angola sampai ke Mesir terobos Suez, Turki dan Rotherdam.  “Jelas sekali kalau (bagi) saya reklamasi ini subordiner untuk menfasilitasi kepentingan jalan sutra laut China itu,” pungkasnya.

[As/Indopos]

%d blogger menyukai ini: