Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Ringkus Alap-Alap Motor yang Beraksi di 65 TKP

Ringkus Alap-Alap Motor yang Beraksi di 65 TKP

Sketsenews.com- Paijono alias Joni, 28 warga Dusun Losan, Desa Urang Gantung, Kecamatan Sukodono, Lumajang, akhirnya berhasil dibekuk tim Resmob Polres Jember. Pria yang sudah 65 kali mencuri sepeda motor di berbagai tempat di Jawa Timur itu pun harus dilumpuhkan dengan menggunakan timah panas. Pelaku kini mendekam di Mapolres Jember untuk menanggung akibat perbuatannya.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo dalam jumpa pers menyatakan, tersangka dikenal sebagai alap-alap motor yang sudah beraksi puluhan kali di wilayah Jember. ’’Bahkan, dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka telah beraksi di 65 TKP di 23 kecamatan di wilayah Jember,’’ jelas Kusworo yang didampingi Wakapolres Kompol Edo Satya Kentriko dan Kasatreskrim AKP Bambang Wijaya.

Kusworo mengungkapkan, selain di Jember, tersangka beraksi di beberapa kota dan kabupaten di wilayah Jatim. ’’Tersangka juga mengaku pernah beraksi di Banyuwangi, Lumajang, Bojonegoro, dan Surabaya,’’ katanya. Terkait dengan pengakuan tersebut, lanjut Kusworo, pihaknya akan terus melakukan pendalaman.

Dia juga menjelaskan, pelaku lebih sering beraksi seorang diri. Modusnya, berpura-pura meminjam dan meminta antar kepada korban. ’’Begitu tiba di lokasi yang sepi, tersangka langsung merampas motor korban,’’ ungkap Kusworo.

Rata-rata, korban perampasan tersangka adalah anak di bawah umur karena lebih mudah dibujuk. ’’Kan banyak kasus anak di bawah umur yang sudah bawa motor sehingga mereka menjadi sasarannya,’’ ucapnya.

’’Tersangka kadang juga berpura-pura kenal dengan korban,’’ ujar Kusworo. Tersangka pun dikenal cukup sadis. Jika korban melawan, dia tidak segan-segan melukai mereka.

Karena sering berlaku sadis, pelaku pun tidak segan melawan petugas sehingga petugas melepaskan tembakan ke kaki kirinya. Selain Joni, petugas meringkus dua penadah motor hasil curian, yaitu Safi’i, 27, dan Niman, 34. Keduanya merupakan warga Dusun Manggisan, Desa Darungan, Kecamatan Tanggul.

Aparat kepolisian mengamankan empat sepeda motor yang tak dilengkapi surat-surat. ’’Total, kami mengamankan barang bukti berupa 12 sepeda motor saat ini,’’ ujarnya. Beberapa di antaranya berasal dari penadah. Sisanya diamankan dari tersangka. (Ags)

%d blogger menyukai ini: