Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Internasional, News Rusia: AS Hanya Berpura-Pura Memerangi ISIS

Rusia: AS Hanya Berpura-Pura Memerangi ISIS

Igor Konashenkov di tahun 2016. (sumber foto: reuters[dot]com)
Sketsanews.com – Rusia kembali terlibat perang mulut dengan AS. Igor Konashenkov selaku juru bicara Departemen Pertahanan Rusia menuduh kalau AS hanya berpura-pura memerangi ISIS. Menurut Konshenkov, AS dengan sengaja mengurangi intensitas serangan udara supaya anggota ISIS menyeberang ke Suriah, negara yang pemerintahnya merupakan sekutu Rusia.

“Semua orang dapat melihat kalau AS sedang berpura-pura memerangi ISIS di Irak dan berpura-pura tetap memerangi ISIS di Suriah untuk alasan tertentu,” kata Konshenkov seperti yang dikutip oleh Reuters.

“Tindakan Pentagon dan koalisinya membutuhkan penjelasan. Apakah perubahan taktik mereka merupakan keinginan untuk mempersulit operasi militer pasukan Suriah, yang dibantu oleh angkatan udara Rusia, untuk merebut kembali wilayah Suriah hingga sisi timur Sungai Eufrat?” tanya Konshenkov.

Konshenkov lalu menambahkan kalau pasukan Suriah sedikit lagi bakal berhasil mendorong pasukan ISIS keluar dari kota Mayadin di Suriah timur. Namun upaya tersebut dipersulit oleh masuknya anggota ISIS yang baru datang dari Irak setiap harinya.

Perang saudara Suriah sudah berlangsung sejak tahun 2011 dan masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Rusia dan AS sendiri mendukung pihak yang berbeda dalam perang ini. Jika Rusia berstatus sebagai sekutu pemerintah Suriah yang dipimpin oleh Bashad al-Assad, maka AS mendukung kubu oposisi. Namun, baik Rusia maupun AS sama-sama menganggap ISIS sebagai musuh yang patut diperangi.

(Tri/Bernas.id)

%d blogger menyukai ini: