Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, Headlines, News Save Rohingya, KAMMI: Jangan Bawa Sentimen Agama, Ini Soal HAM!

Save Rohingya, KAMMI: Jangan Bawa Sentimen Agama, Ini Soal HAM!

Irfan Ahmad Fauzi

Sketsanews.com, Jakarta – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), mengutuk keras terkait penindasan etnis Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Sekjen KAMMI Irfan Ahmad Fauzi menilai, Hal ini bukan lagi masalah sentimen agama. “Ini bukan lagi masalah sentimen agama sebetulnya. Orang yang melihat ini adalah pembantaian, secara manusia saja, jangan singgung dulu masalah agamanya apa, ini secara manusiawi saja sudah jelas pelanggaran hak asasi manusia (HAM),” ujar Irfan kepada Okezone, Jumat (1/9/2017).

Apalagi, tambah Irfan, kalau melihat sisi agama sebagai sesama Muslim, hal itu tentunya sangat memukul jiwa persaudaraan di antara sesama Muslim. “Akan tetapi ini bukan hanya sekadar masalah agama. Sudah bicara pembantaian, pembunuhan massal,” tambahnya.

Irfan juga melihat adanya dikriminatif yang dialami umat Muslim, terutama di kalangan dunia internasional. “Kalau saja yang melakukan pembantaian itu adalam Muslim, tentu isu terorisme sudah melekat,” lanjut Irfan.

“Sekarang kalau umat Islam yang jadi korban. Nggak ada tuh isu terorisme yang sering didengungkan oleh dunia internasional,” tandasnya.

Melihat reaksi cepat ditunjukan pemerintah melalui Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) yang meluncurkan program Humanitarian Assistance for Sustainable Community (HASCO) untuk Myanmar, Irfan mengapresiasi.

“Kami mengapresiasi dan berterimakasih atas peran pemerintah. Bahkan kami berbangga, karena sudah sepantasnya melakukan hal itu,” kata Irfan.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: