Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, News Sekjen FUI Tersangka Mufakat Makar, Polda: Meski Rencana Sudah Kena

Sekjen FUI Tersangka Mufakat Makar, Polda: Meski Rencana Sudah Kena

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Foto: Heldania Ultri Lubis-detikcom)

Sketsanews.com, Jakarta – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menegaskan penerapan pasal permufakatan makar terhadap Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath berdasarkan hasil penyidikan. Penggunaan pasal ini tak harus menunggu tujuan makar terlaksana.

“Namanya permufakatan, meskipun itu cuma niat dan rencana sudah kena (pasal makar). Tidak harus menunggu sudah lengser baru ditangkap,” kata Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (1/4/2017)

Pemufakatan makar yang disangkakan kepada Sekjen FUI diduga dibahas dalam sejumlah pertemuan yang dilakukan. Selain Al-Khaththath, polisi menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus sama yakni Zainudin Arsyad, Irwansrah, Veddrik Nugraha alias Diko, dan Mar’ad Fachri Said alias Andre.

“Intinya ada pemufakatan, lebih dari 1 orang, sudah punya rencana. Kemudian ada pertemuan-pertemuan ada orang di situ, membahas apa, ada hasilnya,” imbuh Argo.

Diduga Sekjen FUI dan empat orang lainnya melakukan pertemuan di dua lokasi yakni Kalibata dan Menteng.

“Setelah kita padukan, tujuannya sama. Hasil rapat-rapatnya itu ingin menduduki DPR secara paksa mengganti pemerintahan yang sah,” imbuh Argo.

Penyidik sudah mengeluarkan surat penahanan terhadap kelima orang tersangka. Bila ada pengajuan penangguhan penahanan, penyidik yang akan memutuskannya. Kelima orang tersangka dijerat dengan Pasal 107 KUHP juncto Pasal 110 KUHP tentang pemufakatan makar.

Ketua Tim Pengacara Muslim (TPM) Achmad Michdan, pengacara Al-Khaththath menyebut kliennya saat diperiksa di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok menegaskan tidak pernah bermufakat makar.

“Beliau tidak tahu sampai saat ini (soal makar, red). Penjelasan yang terkait beliau adalah aktivitas beliau saja, yang memang sering melakukan demo,” tutur Achmad kepada wartawan, Jumat (31/3) malam, seperti dikutip dari detikcom.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: