Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Politik Sepertinya Akan Ada Kejutan dari PDIP untuk Pilgub Jabar

Sepertinya Akan Ada Kejutan dari PDIP untuk Pilgub Jabar

sketsanews.com, Jakarta – PDI Perjuangan menunjukkan sikap santai dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar). Bahkan, hingga kini partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga tidak memunculkan nama yang akan diusung sebagai calon gubernur Jabar.

Dalam pandangan pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago, sikap PDIP itu cukup menarik. Sebab, PDIP yang bisa mengusung calon sendiri di Pilgub Jabar tanpa berkoalisi kemungkinan sedang menyiapkan kejutan.

“Sebetulnya PDIP yang belum terlihat ke mana nantinya. Ini bisa jadi daya kejut. Karena dia bisa mengusung sendiri tanpa koalisi,” ucap Pangi saat dihubungi Jpnn, Senin (25/12).

Bahkan, partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu seolah tidak terpengaruh dengan manuver-manuver partai politik di Jabar. Misalnya, Partai Demokrat membangun poros koalisi untuk mengusung Deddy Mizwar.

Sedangkan Partai Nasdem bersama PPP dan PKB sudah ancang-ancang untuk mengusung Ridwan Kamil. Partai lainnya adalah Gerindra yang memutuskan mengusung Mayjen TNI (Purn) Sudrajat sebagai cagub Jabar.

Pangi menambahkan, sejauh ini PDIP memang tidak memiliki figur menonjol yang cukup kuat untuk Jabar. Karena itu, bisa saja partai pemilik jumlah kursi terbanyak di DPRD Jabar itu mengusung nonkader sebagai calon gubernur.

“Bisa saja nanti RK (Ridwan Kamil, red) diusung oleh PDIP dan Nasdem. Mereka sudah satu paket juga selama ini. Cuma nanti kader PDIP jadi wakilnya, karena Nasdem kan beri dukungan ke RK tanpa syarat. Artinya RK diberi kebebasan menentukan wakilnya,” tambah Pangi.

(Tb)

%d blogger menyukai ini: