Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Peristiwa Sistem Tilang Lewat CCTV di Semarang Diberlakukan 25 September

Sistem Tilang Lewat CCTV di Semarang Diberlakukan 25 September

Tilang E-CCTV (Ilustrasi)

Sketsanews.com, Semarang – Mulai tanggal 25 September penerapan sistem E tilang melalui kamera CCTV akan diberlakukan di Kota Semarang. Hal ini menyusul pertemuan stakeholder terkait untuk membahas penerapan E Tilang CCTV telah dilaksanakan di kantor dinas perhubungan kota Semarang.

Dari pertemuan tersebut diputuskan pemberlakukan sistem tilang melalui rekaman CCTV akan diberlakukan 25 September nanti. Masyarakat diminta untuk menaati aturan rambu lalu lintas yang ada, agar terhindar dari tilang dan kecelakaan lantaran menerobos rambu lalulintas.

Wakasat Lantas Polrestabes Semarang kompol Sumitra menjelaskan sejumlah titik yang terpantau oleh CCTV dan dilakukan ujicoba sebelum menerapkan tilang CCTV.

“Bersama dengan Dinas Perhubungan Dishub Kota Semarang saat ini sudah melakukan sosialisasi, dengan memasang spanduk dan juga melalui media massa. Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Dishub, Kejaksaan Negeri Semarang, Pengadilan dan Satpol PP, telah disepakati mulai tanggal 15 sampai 24 September merupakan tahapan sosialisasi,” ujarnya.

Sedangkan untuk penilangan petugas akan mendatangi alamat rumah pemilik kendaraan dengan membawa bukti pelanggaran berupa rekaman CCTV, Jika kendaaran yang melanggar sudah dijual maka nanti akan dikirim kepada pemilik baru.

“Teknis penilangan ada regu jaga yang setiap waktu akan mengirimkan bukti pelanggaran ke Direktorat lalu lintas. Dari situ Direktorat lalu lintas akan mengirim kealamat rumah pemilik kendaraan denganmembawa surat tilang. Prosesnya sama dengan tilang biasa,”jelas Kompol Sumitra, seperti dikutip dari BeritaJateng.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang M. Khadik mengatakan, sampai saat ini sudah ada 27 titik yang dipasang Kamera CCTV. Pada tahap sosialisasi ini, petugas Dinas Perhubungan akan langsung menegur melalui pengeras suara dan setidaknya ada 11 kamera CCTV yang akan dipasang dibulan November nanti.

“Sedangkan titik yang menjadi uji coba diantaranya di Simpang Krapyak, Simpang Kalibanteng, Tugu Muda, Jalan Kyai Saleh, Jalan Thamrin, Jalan Pandanaran, Perempatan Milo, Jalan Kaligarang, dan Depan Mapolda Jateng,” imbuh Khadik. (eLv)

%d blogger menyukai ini: