Sketsa News
Home Berita Terkini, News Soal Putusan PTUN, KSTJ: Percuma Pemprov DKI Ajukan Banding Reklamasi

Soal Putusan PTUN, KSTJ: Percuma Pemprov DKI Ajukan Banding Reklamasi

Sketsanews.com, JAKARTA – Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta (KSTJ) menyatakan upaya banding yang akan dilakukan pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta terkait pencabutan izin reklamasi Pulau F, I dan K merupakan tindakan yang sia-sia.

Kuasa hukum KSTJ, Tigor Hutapea, menilai Pemprov DKI dan pengembang seakan tidak mendengar jeritan rakyat. Walaupun dibolehkan dalam hukum, upaya ini disebut Tigor sebagai tindakan ngotot yang membenarkan prosedural penerbitan izin yang ugal-ugalan.

“Mereka banding percuma, karena tiga hakim sudah menyatakan reklamasi itu bermasalah. Pengembang tidak juga memperhatikan kepastian hukum yang berlaku, Jelas putusan ini bermasalah. Tapi dipaksakan dengan proses banding, kekecewaan kami ada di sana,” ujarnya di kantor WALHI, Jakarta Selatan, Selasa (21/3).

Ia memprediksi pihak Pemprov DKI akan lebih menekankan pada aspek prosedural saja, alih-alih mengutamakan hal yang substansial. Hal ini sudah terjadi dalam proses banding izin Pulau G, di mana hakim juga justru memainkan batas waktu 90 hari sebagai penekanan.

Untuk mengantisipasi hal ini, Tigor pun akan meminta KPK dan KY turun tangan untuk mengawal jalannya proses persidangan.

“Kami akan minta KPK dan KY untuk memantau proses di PT TUN, kami ingin agar kalo mereka banding, nantinya hakim dipilih dari hakim yang memiliki sertifikasi hukum lingkungan,” tegasnya. Dikutip dari Aktual.com.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: