Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Politik Soal Rohingya, Negara OKI Bergantung pada Indonesia

Soal Rohingya, Negara OKI Bergantung pada Indonesia

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan proses hukum Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti, kepada penegak hukum (foto: CNN Indonesia)

Sketsanews.com, Jakarta – Kemampuan diplomasi Indonesia diakui nega-negar yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Khususnya dalam menyelesaikan konflik terutama di Rakhine state, Myanmar.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan Indonesia sudah melakukan langkah yang sangat jauh, yang tidak bisa dilakukan negara lain. Negara lain kesulitan masuk ke daerah konflik komunitas Rohingya.

”OIC (OKI, red) ini malah berharap mengajak bekerja sama dengan Indonesia untuk bisa bersama menyelesaikan kasus di Rohingya,” kata JK usai menghadiri pembukaan KTT OKI di Astana, Kazakhstan, Minggu (10/9).

Pemerintah Indonesia sudah bertemu dengan pemerintah Myanmar. Seperti yang dilakukan Menlu Retno L Marsudi bertemu Aung San Suu Kyi. Ada pula pembangunan rumah sakit dan sekolah di negara bagian Rakhine.

Lebih lanjut, JK menuturkan bahwa usulan kerja sama itu akan kemungkinan bakal sulit dilaksanakan. Skema empat plus satu yang ditawarkan pemerintah Indonesia diharapkan bisa diimplementasikan terlebih dahulu.

Sebab, semua itu juga berhubungan dengan statemen yang akan dibuat secara informal oleh peserta KTT OKI. Seperti dikutip dari Jawapos, ”Saya bilang, nanti bisa kita bicarakan programnya dengan Sekjend OKI,” ungkap JK.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: