Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Hukum, News Sosok Rizal Muzaki Terduga Teroris Asal Banyuwangi

Sosok Rizal Muzaki Terduga Teroris Asal Banyuwangi

Rizal Muzaki

Sketsanews.com, Banyuwangi – Tak banyak yang mengetahui penangkapan Rizal Muzaki terduga teroris di Poso, Sulawesi Tengah oleh Densus 88. Namun warga masyarakat sudah mulai curiga dengan perubahan sikap Rizal di mata tetangganya.

Rizal Muzaki tinggal sendiri di rumah orangtuanya, di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Ibu kandung Rizal yang dikenal dengan nama Bu Anah sudah meninggal beberapa tahun lalu saat bekerja di Arab. Sedangkan ayah kandungnya setelah bercerai dengan Bu Annah tinggal di Kecamatan Purwoharjo. Rizal masih memiliki saudara yang saat ini menjadi TKI di Taiwan.”

Dia tertutup orangnya. Kadang ada di sini kadang hilang nggak tahu ke mana. Jarang. Saya saja yang tinggal di sebelahnya nggak tau di sedang di rumah atau nggak. Tapi rumah neneknya dekat di dusun sebelah” kata Habibah, tetangga Rizal kepada detikcom, Selasa (13/2/2018).

Habibah mengaku, melihat gelagat aneh perilaku pria kelahiran Banyuwangi 19 Agustus 1991 ini setahun terakhir. Salah satunya adalah tidak mau bersalaman dengan tetangga-tetangga yang perempuan saat lebaran. Selain itu Rizal lebih tertutup dan jarang bergaul. Terakhir, dia mengaku bertemu dengan Rizal sekitar akhir tahun 2017 lalu.

“Tidak mau salaman dengan ibu-ibu. Sempat jadi omongan sih sama tetangga. Untuk penampilannya biasa saja nggak mencolok kayak pakai jubah gitu. Ya seperti orang kebanyakan, ” jelas Habiba.

Namun, dia mengakui jika beberapakali melihat tamu datang ke rumah Rizal namun terlihat secara diam-diam. “Warga sekitar sini sebenarnya sudah curiga sih,” katanya.

“Rizal ini mulai SD sampai SMP ya disini. Sekolahnya deket sini saja tapi saya nggak tahu katanya sih nggak sampai lulus SMA,” jelasnya.

Densus 88 menggeledah sebuah rumah di Dusun Rejosari Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Rumah itu milik Rizal Muzaki, terduga teroris yang ditangkap di Poso, Sulawesi Tengah. Dalam penggeledahan tersebut, Densus 88 mengamankan barang bersumbu dari rumah Rizal Muzaki.

Penggeledahantersebut dilakukan Senin (12/2) kemarin. Aparat kepolisian dari Polsek Cluring dan Polres Banyuwangi menyertai penggeledahan tersebut. (Wis)

%d blogger menyukai ini: