Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Sudah Lebih dari 5 Juta Warga Suriah Tinggalkan Negaranya

Sudah Lebih dari 5 Juta Warga Suriah Tinggalkan Negaranya

Sketsanews.com, DAMASKUS – Jumlah warga Suriah yang meninggalkan negaranya sudah mencapai lima juta orang. Mereka tersebar di berbagai wilayah seperti Turki, Lebanon, Yordania, Irak, dan Mesir.

Angka ini menjadi angka tertinggi dalam jumlah pengungsi sejak pecah konflik horizontal di negara tersebut. Data tersebut disampaikan oleh UNHCR dan diberitakan oleh Reuters, pada Kamis, 30 Maret 2017.

Menurut UNHCR, sepanjang tahun 2016, angka tersebut statis pada angka 4,8 juta orang dan tak mengalami perubahan sepanjang 2016. Namun sejak awal 2017, jumlah pengungsi kembali mengalami peningkatan.

Data yang dikumpulkan oleh UNHCR dan pemerintah Turki menempatkan angka total terbaru jumlah pengungsi di angka 5.008.473, dimana sekitar 488.531 diantaranya tersebar di kamp-kamp pengungsian.

Perang sipil di Suriah menginjak tahun keenam pada 2017. Sejak awal pecah konflik tahun 2011, warga Suriah memilih meninggalkan negaranya.Jumlah pengungsi tertinggi terjadi pada 2015, dimana sepanjang tahun tersebut tercatat satu juta warga Suriah memilih meninggalkan negaranya yang tak pernah selesai konflik.

Diberitakan oleh Viva, 29 Maret 2017, konflik Suriah diawali dengan terjadinya unjuk rasa damai yang menentang kepemimpinan Bashar al Assad. Unjuk rasa tersebut dimulai pada Februari 2011. Namun unjuk rasa itu lalu pecah menjadi konflik.

Suriah dinyatakan dalam keadaan perang saudara oleh Palang Merah Internasional pada Juli 2012, atau selang sekitar 18 bulan sesudah pecahnya unjuk rasa damai pada bulan Februari 2011.

Sejak awal perang saudara hingga saat ini, sudah lebih dari 300 ribu orang tewas, termasuk perempuan dan anak-anak. (Eni)

%d blogger menyukai ini: