Sketsa News
Home Berita Terkini, News Target Ambisius Produksi Pangan Strategis

Target Ambisius Produksi Pangan Strategis

Sketsanews.com – Peningkatan produksi komoditas pangan strategis menjadi target utama pemerintah di sektor pertanian pada tahun ini dan tahun depan. Setidaknya ada empat komoditas yang produksinya bakal dipacu, yakni padi, jagung, kedelai, dan bawang merah.

jagung

“Dengan anggaran yang terbatas, kami tetap bertekad untuk meningkatkan target produksi, khususnya pada komoditas pangan strategis,” ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi di Kantor Kementan, kemarin.

Dari sisi anggaran, Kementerian Pertanian sebagai eksekutor di sektor tersebut memang mengalami pemangkasan dari Rp27,58 triliun pada APBN Perubahan 2016 menjadi Rp23,90 triliun pada pagu anggaran pertanian di RAPBN 2017.

Namun, target produksi justru naik. Pada komoditas padi, misalnya, tahun ini, dengan total luas tanam mencapai 7,6 juta hektare (ha), produksi ditargetkan mencapai 75,36 juta ton. Sementara itu, pada 2017 dinaikkan hingga 78 juta ton.

“Hingga September ini, produksi padi kita sudah sekitar 60 juta ton. Kami yakin target tahun ini tercapai. Begitu pun tahun depan karena luas tanam setiap tahun akan ditingkatkan,” tuturnya.

Produksi jagung juga ditargetkan meningkat dari 19,61 juta ton tahun ini menjadi 22,40 juta ton pada tahun depan. Demikian juga bawang merah yang pada 2017 ditargetkan naik menjadi 1,33 juta ton dari 1,17 juta ton.

Agung mengatakan pemerintah akan fokus pada upaya khusus peningkatan produksi komoditas strategis itu. “Alokasi upaya khusus komoditas strategis pada 2016 mencapai Rp14 triliun. Kami targetkan pada tahun depan angkanya tidak lebih kecil daripada itu,” paparnya.

Infrastruktur
Agung menyebut, meski terkesan ambisius, pihaknya yakin dengan target-target itu, karena dalam dua tahun terakhir, ia mengklaim Kementan sudah melakukan banyak hal di sektor infrastruktur untuk memaksimalkan hasil produksi.

%d blogger menyukai ini: