Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Olahraga Taufik Hidayat: Wajib Crosscheck untuk Hindari Hoax

Taufik Hidayat: Wajib Crosscheck untuk Hindari Hoax

Sketsanews.com, Jakarta – Berita-berita bohong alias hoax juga menerpa atlet-atlet nasional. Peraih medali emas Olimpiade, Taufik Hidayat punya kiat untuk tidak terjebak dalam berita yang tidak jelas kebenarannya.

Meski jadi salah satu tokoh olahraga yang sangat sering diberitakan aksinya di dalam dan luar lapangan, Taufik mengaku tidak pernah jadi korban hoax. Terkait isu-isu tak sedap yang melibatkan namanya, peraih medali emas Olimpiade 2004 itu memilih untuk mengonfirmasi langsung.

“Enggak, Alhamdulillah gak pernah (jadi korban berita hoax). Selama ini ada, mungkin bukan hoax. Ehh.. Entah apakah itu bisa dibilang hoax. Memang pernah ada seperti ada yang ngerjain, cuma (kemudian) crosscheck sendiri lah. Gak gampang percaya juga (terhadap) media yang pemberitaannya gak penting seperti itu,” ucap Taufik pada detikSport.

Dengan kini marak beredar berita hoax di jejaring sosial, Taufik mengingatkan kalau konfirmasi adalah hal yang sangat penting. Jika mendapati berita yang tidak jelas asal-usulnya yang pertama harus dilakukan adalah jangan mudah percaya dan bijak menyikapinya.

“Satu yang pasti jangan panik, kita harus crosscheck benar atau tidaknya. Kita baca juga, baca siapa yang membuat, crosscheck ke yang bersangkutan. Tapi jangan hanya satu pihak orang saja. Tapi ke beberapa pihak.”

“Kalau Ada background, ada masalah, jangan terlalu percaya juga. Kalau memang bener kita patut bertanya-tanya, ini mesti bagaimana cara menyikapinya,” tuntas pebulutangkis yang sudah gantung raket itu.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: