Sketsa News
Home Berita Terkini, News Terduga Teroris di Kampung Inggris Jaringan Abu Sayyaf

Terduga Teroris di Kampung Inggris Jaringan Abu Sayyaf

Sketsanews.com, KEDIRI – Terduga teroris yang diamankan tim Detasemen Khusus 88 Antiteror di Kampung Inggris Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur ternyata masih jaringan kelompok bersenjata di Filipina Selatan yang dipimpin Abu Sayyaf.

“Itu jaringan teroris di Filipina. Merekrut orang-orang yang Filipina Selatan, linknya ke sana,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Selasa, 14 Maret 2017.

Menurut Boy, wilayah Filipina Selatan sudah menjadi basis dari organisasi radikal Irak Suriah dan Al-Sam (ISIS).

Sejauh ini dari pemeriksaan, pria bernama M berusia 36 tahun yang diamankan di Kampung Inggris itu, diduga kuat berperan untuk merekrut orang untuk bergabung ke kelompok bersenjata pimpinan Abu Sayyaf.

“Filipina Selatan sedang bergerilya juga, terindikasi orang ini mengupayakan ada pihak-pihak yang ikut ke sana,” ujarnya.

Menurut Boy, kelompok teroris jaringan Filipina Selatan ini umumnya memang menargetkan serangan kepada penegak hukum. Alasannya karena penegak hukum dianggap menghambat pergerakan mereka.

“Jadi pandangan mereka musuh, jadi harus dilemahkan aparatnya sebelum yang lainnya dia kuasai,” katanya.

Penangkapan warga asal Sulawesi tengah bernama M ini terjadi pada Senin, 13 Maret 2017, sekira pukul 10.45 WIB. Ia diamankan usai keluar dari tempat kursus bahasa Arab Al-Asriyyah.

Kini, M masih menjalani pemeriksaan intensif kepolisian atas dugaan tindak terorisme yang dilakukannya. Dikutip dari Viva. (Eni)

%d blogger menyukai ini: