Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News Teroris Rois Kendalikan Jaringan di Cilegon dari Nusakambangan

Teroris Rois Kendalikan Jaringan di Cilegon dari Nusakambangan

Iwan Darmawan alias Rois, terdakwa kasus peledakan bom Kuningan, Jakarta Selatan (Foto: Liputan6.com)

Sketsanews.com, Kuala Lumpur – Densus 88 Mabes Polri menangkap sejumlah orang terkait jaringan teroris Cilegon, Banten, salah satunya Suryadi Mahfud. Suryadi memiliki jaringan dengan terpidana teroris Iwan Darmawan Mutho alias Muhammad Rois, yang kini menjadi terpidana di LP Nusakambangan.

“Informasi dari keterangan saksi untuk sementara begitu (dikendalikan Rois). Rois kan kena hukuman mati untuk kasus bom Kedubes Australia,” ujar Kapolri Jenderal HM Tito Karnavian kepada wartawan di Hotel JW Marriott, Putrajaya, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (25/3/2017).

Hal itu disampaikan Tito seusai menghadiri HUT Polisi Malaysia ke-210 sekaligus menyaksikan pemberian penghargaan dari Kepala Polisi Negara Malaysia IGP Tan Sri Dato Sri Khalid kepada 64 anggota Polri yang membebaskan Ling Ling (44), WN Malaysia korban penculikan yang disekap di Batam, Kepulauan Riau.

Kapolri mengatakan Rois merupakan Ketua NII Banten. “Selama di penjara, dia memiliki komunikasi keluar, salah satunya dengan Suryadi Mahfud ini,” imbuh Tito.

Ia menambahkan, Suryadi merupakan pemain lama di jaringan terorisme. Suryadi juga pernah ditangkap atas keterlibatannya dalam jaringan terorisme.

“Dia pernah divonis, kemudian dia memiliki network, kontak di Filipina Selatan. Jadi Rois meminta dia membangun komunikasi dengan Filipina Selatan untuk membangun sel-sel di situ,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari Detik.

Suryadi juga terlibat dalam aksi bom Thamrin, 14 Januari 2016. Peran Suryadi adalah memasok senjata api kepada jaringannya untuk aksi pengeboman tersebut. (Tyo)

%d blogger menyukai ini: