Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Tekno-Sains Tesla Siap Hadirkan Truk Listrik setelah Sedan Mewah & SUV, Bisa Nyetir Sendiri?

Tesla Siap Hadirkan Truk Listrik setelah Sedan Mewah & SUV, Bisa Nyetir Sendiri?

Sketsanews.com, California – Setelah memproduksi mobil penumpang seperti sedan mewah dan SUV, produsen kendaraan listrik Amerika Serikat, Tesla Motors, merambah ke segmen kendaraan niaga. Bulan depan, perusahaan yang dipimpin Elon Musk itu akan memperkenalkan prototipe truk bertenaga listrik.

Belum ada keterangan resmi dari Tesla mengenai kemampuan truk tersebut, namun diperkirakan daya jelajahnya bisa mencapai antara 320 sampai 480 kilometer. Kendaraan ini dibuat menyasar segmen angkutan barang atau logistik dengan jangkauan menengah.

Meski daya jelajah itu masih jauh dibandingkan dengan truk bermesin konvensional yang bisa mencapai 1.600 km dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh, namun Musk tetap optimistis truk ramah lingkungannya itu bisa bersaing di pasar.

Sementara itu seorang operator perusahaan angkutan logistik yang berbasis di Miami, Scott Perry, mengatakan pihaknya sudah bertemu dengan pejabat Tesla soal truk listrik yang mampu mengangkut kontainer itu di Fremont, California. Mereka mendiskusikan soal teknologi pada truk. Maklum saja pasalnya truk bertenaga listrik merupakan barang baru.

Menurut Perry, truk tersebut digunakan untuk jarak sedang antara 320 dan 480 km. Sehingga desain kabinnya tidak senyaman seperti truk konvensional berdaya jelajah ribuan km yang dilengkapi dengan kamar.

Hingga saat ini informasi detail mengenai spesifikasi truk revolusioner itu masih disembunyikan rapat-rapat. Namun Musk sudah bertemu dengan para pembeli potensial untuk menampung masukan dari mereka seperti apa truk yang diinginkan.

Rencananya, Tesla akan memproduksi truk itu secara massal dalam beberapa tahun mendatang, sambil mematangkan teknologi baterainya, dilansir dari laman Okezone.

Sementara itu, sebelumnya dilaporkan bahwa Tesla tidak akan berhenti sampai memproduksi truk listrik saja, namun juga melengkapinya dengan teknologi otonom. Bagi Tesla, teknologi otonom bukan sesuatu yang baru karena beberapa model kendaraannya seperti sedan Model S sudah mengaplikasikannya.

[As]

%d blogger menyukai ini: