Sketsa News
Home Berita Terkini, News Tiga Perusahaan Belum Bayar THR

Tiga Perusahaan Belum Bayar THR

3-perusahaan-belum-bayar-thr-F9VWYH9SyI

Sketsanews.com – Hingga H+4 Idul Fitri 2016 masih ada perusahaan di Kota Yogyakarta yang bandel belum bayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pekerjanya.

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta awal pekan ini akan sidak ke perusahaan-perusahaan nakal tersebut. “Besok pagi (Senin hari ini) baru akan kami kompilasikan data para pelapor. Yang sifatnya penting Selasa (12/7) pagi akan kita tindaklanjuti dengan sidak atau pimpinan perusahaan diundang ke dinas,” kata Kepala Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, Hadi Muhtar, kemarin.

Sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016, THR harus dibayarkan selambat-lambatnya H-7 Idul Fitri. Namun pada H-6, Dinsosnakertrans menerima laporan dari pekerja di tiga perusahaan berbeda yang belum membayar THR.

“Dari tiga perusahaan, ada satu perusahaan yang karyawannya banyak sekali. Untuk sementara, kami belum menyebut nama perusahaannya dulu,” jelasnya.

Dinsosnakertrans pun telah mengirim tim yang salah satu unsurnya terdapat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) ke perusahaan yang dilaporkan belum membayar THR. Mereka memastikan apa alasan perusahaan yang belum membayarkan THR bagi para pekerjanya. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY), Kirnadi mengatakan, kasus perusahaan yang enggan membayar THR terus berulang tiap tahunnya.

Dia berharap pemerintah mengambil langkah tegas kepada perusahaan yang melalaikan hak bagi pekerjanya. “Tahun kemarin ada kasus serupa, kami harap pemerintah mau intervensi dan mengambil langkah tegas,” sebutnya.

(ab/okezone)

%d blogger menyukai ini: