Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News Tusuk Gigi Merusak Senyum Indah Anda

Tusuk Gigi Merusak Senyum Indah Anda

Tusuk gigi bisa merusak senyum Anda (Foto: Livescience)      sumber:okezone

Sketsanews.com, Jakarta – Biasanya orang malu-malu untuk tersenyum setelah makan, khawatir ada sisa makanan yang nyelip. Akhirnya, tusuk gigi digunakan sebagai solusi cepat agar percaya diri tersenyum di depan orang banyak.

Tapi, terlalu sering atau agresif menggunakan tusuk gigi akhirnya dapat merusak senyum indah Anda. Tusuk gigi sebaiknya digunakan sebagai pilihan terakhir jika Anda tidak memiliki benang khusus pembersih gigi.

Berikut alasan tusuk gigi berbahaya bagi kesehatan mulut:

1. Tusuk gigi mengikis enamel
Menggunakan tusuk gigi terlalu sering dapat menyebabkan enamel gigi terkikis. Bahan kayu yang digunakan tusuk gigi sangat keras untuk gigi, di mana dapat membahayakan enamel. Enamel gigi sangat penting untuk senyum, karena melindungi lapisan dalam gigi yang menjadi tempat pembuluh darah dan saraf.

2. Tusuk gigi membahayakan jaringan gusi
Tekanan dan dorongan dari tusuk gigi ke gusi dapat berakhir pada peradangan. Setelah cukup waktu, kondisi ini bahkan dapat menyebabkan gusi surut dan mulai menarik diri dari gigi Anda.

3. Tusuk gigi tak selalu menjangkau sisa makanan
Menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan makanan bukan berarti harus berhenti membersihkan gigi dengan benang atau disebut flossing atau menyikat. Banyak orang menganggap flossing tidak diperlukan jika telah menggunakan tusuk gigi. Pada kenyataannya, masih ada kemungkinan partikel makanan dan bakteri bersembunyi di antara gigi dan di bawah garis gusi yang tusuk gigi tidak dapat menjangkaunya, dikutip dari okezone.com

(Fya)

%d blogger menyukai ini: